EFISIENSI EKONOMI PENGGUNAAN INPUT PRODUKSI PADA USAHATANI JAGUNG HIBRIDA DI KECAMATAN KEMPO KABUPATEN DOMPU

Nurul, Khotimah (2022) EFISIENSI EKONOMI PENGGUNAAN INPUT PRODUKSI PADA USAHATANI JAGUNG HIBRIDA DI KECAMATAN KEMPO KABUPATEN DOMPU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_Nurul Khotimah_Efisiensi Ekonomi Penggunaan Input Produksi Pada Usahatani Jagung HIbrida di Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu_0922.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis produktivitas jagung hibrida di Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu; (2) menganalisis pengaruh input produksi (lahan, benih, pupuk, tenaga kerja dan obat-obatan) terhadap produksi usahatani jagung hibrida di Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu; (3) menganalisis tingkat efisiensi ekonomi penggunaan input produksi usahatani jagung hibrida di Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu; dan (4) menganalisis biaya dan pendapatan usahatani jagung hibrida di Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah usahatani jagung hibrida di Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu. Penelitian ini dilakukan di Desa Tolo Kalo dan Desa Kempo secara purposive sampling atas dasar luas panen lebih luas dibandingkan kelompok tani lainnya. Penentuan jumlah responden dilakukan dengan metode slovin dengan tingkat error 10% sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 74 orang, sedangkan penentuan jumlah dan pemilihan responden pada setiap kelompok tani ditentukan secara propotional random sampling. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara; jenis data yang yang dikumpulkan terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif. Data dianalisis secara deskriptif, regresi model fungsi produksi Cobb-Douglass, analisis efisiensi usahatani dan analisis biaya dan pendapatan usahatani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata produktivitas yang diperoleh pada usahatani jagung hibrida di Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu adalah 7,6 ton/ ha (pipilan kering); (2) Input produksi yang berpengaruh nyata terhadap produksi usahatani jagung hibrida di Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu adalah : luas lahan, benih, pupuk urea, pupuk phonska, dan pestisida gromoxone, sedangkan input produksi neocron dan tenaga kerja tidak berpengaruh nyata; (3) Penggunaan input produksi pada usahatani jagung hibrida di Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu secara ekonomi sebagian besar belum efisien, seperti luas lahan, benih, pupuk urea, pupuk phonska, pestisida gromoxone, dan tenaga kerja. Sedangkan penggunaan input pestisida neocron sudah tidak efisien lagi; (4) Rata-rata biaya produksi pada usahatani jagung hibrida di Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu adalah sebesar Rp 17.863.337 per hektar, sedangkan rata-rata pendapatan yang diterima adalah sebesar Rp 17.233.188 per hektar dengan RC ratio sebesar 1,96.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Produktivitas, Input Produksi, Efisiensi Ekonomi, Biaya dan Pendapatan
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Sep 2022 03:18
Last Modified: 16 Sep 2022 03:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31864

Actions (login required)

View Item View Item