ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NARMADA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL TAHUN AJARAN 2021/2022

ERINDA AGUSTINA, ARIYANI (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NARMADA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Griya_Erinda Agustina Ariyani_E1R016027 revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text
Erinda Agustina Ariyani_E1R016027.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Narmada dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tahapan kemampuan berpikir kririts Perkins dan Murphy yaitu (1) Clarification, (2) Assessment, (3) Inference, (4) Strategy. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII.8 yang berjumlah 36 siswa, kemudian diberikan tes esai dan wawancara. Data hasil tes dianalisis untuk mengetahui kategori kemampuan berpikir kritis siswa berada pada kategori tinggi, sedang, dan rendah. Kemudian dilakukan wawancara untuk mencermati hasil tes yang telah diperoleh siswa pada kategori tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 14% siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi belum mampu melakukan tahap strategy dengan lengkap. Lima puluh persen siswa dengan kemampuan berpikir kritis sedang belum mampu melakukan tahap inference dan strategy dengan lengkap. Tiga puluh enam persen siswa dengan kemampuan berpikir kritis rendah belum mampu melakukan semua tahapan dengan lengkap. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel berada pada kategori sedang

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan berpikir kritis,berpikir kritis, soal cerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Sep 2022 03:07
Last Modified: 16 Sep 2022 03:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31872

Actions (login required)

View Item View Item