ANALISIS POTENSI TABIR SURYA SEDIAAN NANOEMULSI EKSTRAK BIJI BUAH WALI (Brucea javanica (L.) Merr) SECARA IN VITRO DAN IN VIVO

DZAKIYAH, ADILA (2022) ANALISIS POTENSI TABIR SURYA SEDIAAN NANOEMULSI EKSTRAK BIJI BUAH WALI (Brucea javanica (L.) Merr) SECARA IN VITRO DAN IN VIVO. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_BAIQ MYERA NANDINI (J1A017020).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tingginya paparan sinar ultraviolet (UV) menimbulkan kerusakan kulit seperti sunburn, eritema, dan kanker kulit yang dapat dicegah dengan menggunakan tabir surya. Saat ini banyak dilakukan penelitian tabir surya dari bahan alam yang mengandung senyawa antioksidan seperti ekstrak biji tanaman wali (Brucea javanica (L.) Merr). Salah satu bentuk sediaan tabir surya yang telah dikembangkan untuk biji buah wali yaitu sediaan nanoemulsi, namun hingga saat ini belum dilakukan uji potensi tabir surya. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi tabir surya sediaan nanoemulsi ekstrak biji buah wali secara in vitro dan in vivo. Metode ekstraksi biji buah wali dilakukan dengan teknik sonikasi selama 35 menit pada suhu 30°C. Kemudian ekstrak dibuat menjadi sediaan nanoemulsi dengan metode energi rendah. Analisis potensi tabir surya secara in vitro dilakukan dengan penentuan nilai SPF menggunakan Spektrofotometer Uv-Vis pada panjang gelombang 290-320 nm. Analisis in vivo dilakukan dengan pengamatan pembentukan eritema pada mencit jantan strain Balb/c, ukuran eritema kemudian diolah menggunakan aplikasi Image J. Data nilai SPF dan daya hambat eritema kemudian diuji secara statistik menggunakan SPSS dengan metode Kruskal Wallis. Nilai SPF sediaan nanoemulsi biji buah wali 1% didapatkan sebesar 30,55 termasuk tipe proteksi ultra terhadap sinar UVB dan nilai daya hambat pembentukan eritema mencapai 99,61%. Oleh karena itu, tabir surya sediaan nanoemulsi biji buah wali 1% diketahui berpotensi untuk digunakan sebagai tabir surya berdasarkan uji in vitro dan in vivo.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Brucea javanica (L.) Merr, eritema, sediaan nanoemulsi, SPF, tabir surya.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Program Studi Farmasi
Depositing User: Alimin
Date Deposited: 16 Sep 2022 03:01
Last Modified: 16 Sep 2022 03:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31874

Actions (login required)

View Item View Item