PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KEDIRI TAHUN AJARAN 2021/2022

Gossani Puja, Lestari (2022) PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KEDIRI TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PUJA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika siswa, untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, dan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri dan gaya belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kediri Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Populasi dari penelitian ini seluruh siswa kelas VIII sebanyak 55 siswa yang terdiri dari 2 kelas, yakni kelas VIII A dan kelas VIII B. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh atau total sampling dimana seluruh populasi menjadi sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan soal tes. Instrumen penelitian ini berupa kuesioner kepercayaan diri, kuesioner gaya belajar, dan soal tes hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kediri. Analisis data dari regresi sederhana dan regresi berganda diperoleh, ada pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kediri dengan koefisien determinasi sebesar 7,4%. Kemudian untuk gaya belajar tidak ditemukan adanya pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kediri dengan koefisien determinasi sebesar 0,2%. Hasil analisis data juga menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara kepercayaan diri dan gaya belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kediri dengan koefisien determinasi sebesar 7,6%

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kepercayaan Diri, Gaya Belajar, Hasil Belajar Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Sep 2022 03:00
Last Modified: 16 Sep 2022 03:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31875

Actions (login required)

View Item View Item