PENGARUH KONSENTRASI DAN PASTEURISASI SARI DAUN KELOR (Moringa oleifera) TERHADAP TOTAL BAKTERI ASAM LAKTAT DAN ORGANOLEPTIK SOYGHURT

BAIQ MYERA, NANDINI (2022) PENGARUH KONSENTRASI DAN PASTEURISASI SARI DAUN KELOR (Moringa oleifera) TERHADAP TOTAL BAKTERI ASAM LAKTAT DAN ORGANOLEPTIK SOYGHURT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_BAIQ MYERA NANDINI (J1A017020).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_BAIQ MYERA NANDINI (J1A017020).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Soyghurt merupakan produk olahan susu fermentasi yang berbahan dasar susu kedelai dengan menggunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi dan pasteurisasi terhadap total bakteri asam laktat (BAL) dan organoleptik soyghurt. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua faktor, yaitu konsentrasi sari daun kelor dengan perlakuan 1%; 3%; 5% dengan sari daun kelor dipasteurisasi dan tanpa pasteurisasi sebanyak 3 kali ulangan sehingga diperoleh 21 unit percobaan. Parameter yang diuji adalah total bakteri asam laktat (BAL), total asam tertitrasi (TAT), total padatan terlarut (TPT) viskositas dan sifat organoleptik meliputi aroma, rasa, warna dan kekentalan. Data hasil pengamatan dianalisis dengan analisis keragaman pada taraf nyata 5% menggunakan Co-Stat. Data yang berbeda nyata diuji lanjut dengan Uji Beda Nyata Jujur (BNJ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh interaksi antara konsentrasi dan pasteurisasi sari daun kelor terhadap total bakteri asam laktat, total asam, total padatan terlarut soyghurt, namun ada pengaruh interaksi antara konsentrasi dan pasteurisasi sari daun kelor terhadap viskositas dan sifat organoleptik soyghurt. Perlakuan terbaik yaitu pada konsentrasi sari daun kelor dipasteurisasi sebesar 5% untuk mendapatkan soyghurt dengan karakteristik; total BAL 9,63 Log CFU/mL total asam 1,11%; total padatan terlarut 7,93 ˚Brix; viskositas 16,67 cP serta nilai organoleptik aroma, rasa dan warna agak disukai oleh panelis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): sari daun kelor, susu kedelai, yoghurt.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Alimin
Date Deposited: 16 Sep 2022 03:00
Last Modified: 16 Sep 2022 03:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31876

Actions (login required)

View Item View Item