ANALISIS PENJADWALAN DENGAN PERCEPATAN PELAKSANAAN MENGGUNAKAN METODE FAST TRACK (Studi Pada Proyek Pembangunan Resort Somewhere, Desa Tumpak, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat)

ZAMHARIR, AKBAR (2022) ANALISIS PENJADWALAN DENGAN PERCEPATAN PELAKSANAAN MENGGUNAKAN METODE FAST TRACK (Studi Pada Proyek Pembangunan Resort Somewhere, Desa Tumpak, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ACC Final Artikel Ilmiah Zamharir Akbar (F1A014151).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ACC Final Tugas Akhir Zamharir Akbar ( F1A014151 ).pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

Keterlambatan pekerjaan proyek sering terjadi akibat adanya perbedaan kondisi lokasi, perubahan desain, pengaruh cuaca, dan kesalahan dalam perencanaan. Keterlambatan proyek dapat di antisipasi dengan melakukan percepatan (crashing) dalam pelaksanaannya, namun harus tetap memperhatikan faktor biaya. Sebagaimana pada kasus Proyek Pembangunan Resort Somewhere – Lombok yang berlokasi di daerah Kuta, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Dimana dalam pelaksanaanya telah terjadi keterlambatan yaitu sampai dengan bulan ke-6 (enam) atau bulan Maret 2021, pencapaian progress kumulatif sesuai time schedule, yaitu sebagai berikut: Progres rencana 35,97%; Progres realisasi 12,66% dan deviasi - 23,31%. Berdasarkan hal diatas, maka diperlukan adanya metode penjadwalan yang tepat untuk melakukan percepatan waktu pelaksanaan pembangunan proyek tanpa terjadinya peningkatan biaya proyek sehingga tidak ada pihak yang dirugikan, baik itu pemilik proyek maupun kontraktor pelaksana. Salah satu metode percepatan yang dapat dilakukan tanpa terjadinya peningkatan biaya proyek adalah dengan menggunakan metode Fast Track. Metode Fast Track merupakan metode pengelolaan penjadwalan proyek konstruksi dengan melakukan pelaksanaan aktivitas secara paralel sehingga waktu pelaksanaan lebih cepat dari perencanaan awal. Metode Fast Track juga dapat digunakan dan bermanfaat pada permasalahan terkait keterlambatan jalannya suatu proyek konstruksi yang sedang berjalan, baik itu pekerjaan konstrsuksi di bidang struktur, jalan maupun air. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah dilakukan Fast Track terjadi peningkatan percepatan hingga 5.45%, pada Pekerjaan Bangunan Utama, Pekerjaan Bangunan Bungallow dan Pekerjaan Area Eksternal, dimana durasi awal proyek sebelum dilakukan Fast Track adalah 341 hari dan setelah dilakukan Fast Track pada item pekerjaan yang berada di jalur kritis, durasi proyek menjadi 327 hari. Sehingga dapat dipastikan proyek tersebut dapat selesai sesuai target rencana yaitu 310 hari atau finish pada tanggal 1 November 2021

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penjadwalan Proyek, Jalur Kritis, Metode Fast Track
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Alimin
Date Deposited: 16 Sep 2022 03:00
Last Modified: 16 Sep 2022 03:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31878

Actions (login required)

View Item View Item