PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN SIMULASI PHET TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FISIKA PESERTA DIDIK

RIZKI, AMALIA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN SIMULASI PHET TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi gabung 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan diantaranya; (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan simulasi PhET terhadap sikap ilmiah; (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan simulasi PhET terhadap kemampuan berpikir kritis; dan (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan simulasi PhET terhadap sikap ilmiah dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain Non- equivalent Control Group. Data yang diperoleh berupa skor sikap ilmiah dan kemampuan berpikir kritis. Instrumen yang digunakan berupa angket dan soal. Analisis statistik yang digunakan yaitu uji t dan uji manova dengan hasil; (1) terdapat pengaruh model pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan simulasi PhET terhadap sikap ilmiah (0,000 < 0,050); (2) terdapat pengaruh model pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan simulasi PhET terhadap kemampuan berpikir kritis (0,04 < 0,050); dan (3) terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan simulasi PhET terhadap sikap ilmiah dan kemampuan berpikir kritis peserta didik (0,000 < 0,050)

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Berbasis Masalah, Simulasi PhET, Sikap Ilmiah, Kemampuan Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Sep 2022 02:54
Last Modified: 16 Sep 2022 02:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31893

Actions (login required)

View Item View Item