ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDN 2 GOLONG KECAMATAN NARMADA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

RIZKIYA RAHAYU, UTAMI (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDN 2 GOLONG KECAMATAN NARMADA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
RIZKIYA RAHAYU UTAMI (E1E015098) 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Bangun ruang adalah salah satu bagian dari bidang geometri yang berbentuk tiga dimensi yang memiliki ruang atau volume dan juga sisi yang membatasinya. Dalam mempelajari bangun ruang ruang tentunya akan menemukan suatu masalah, oleh karena itu kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, khususnya pada materi bangun ruang berdasarkan tahapan pemecahan masalah menurut Polya yang terdiri dari tahapan: (1) memahami masalah, (2) merencanakan penyelesaian masalah, (3) melaksanakan rencana penyelesaian masalah, dan (4) memeriksa kembali atau evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Data berupa hasil ulangan harian matematika siswa pada materi bangun ruang, kemudian dianalisis menggunakan instrumen penilaian kemampuan pemecahan masalah menurut tahapan Polya. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi bangun ruang yaitu: (1) 8% dari 25 orang siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah dalam kategori “Baik” dengan kriteria mampu menyelesaikan semua tahapan pemecahan masalah, (2) 28% dari 25 orang siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah dalam kategori “Cukup” dengan kriteria mampu melakukan 3 tahapan pemecahan masalah. (3) 64% dari 25 orang siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah dalam kategori “Kurang” dengan kriteria hanya dapat melakukan 2 atau 1 tahapan pemecahan masalah. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa sebagian besar kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi bangun ruang siswa kelas V SDN 2 Golong berada pada kategori “Kurang”

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pemecahan masalah, bangun ruang, matematika SD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Sep 2022 02:40
Last Modified: 19 Sep 2022 02:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31896

Actions (login required)

View Item View Item