CITRA PEREMPUAN DALAM NOVEL SURGA YANG TAK DIRINDUKAN KARYA ASMA NADIA DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

APRILYA, WULAN (2016) CITRA PEREMPUAN DALAM NOVEL SURGA YANG TAK DIRINDUKAN KARYA ASMA NADIA DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (361kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu 1). Bagaimana citra perempuan tokoh Arini dalam novel Surga Yang Tak Dirindukan karya Asma Nadia. 2) Bagaimana citra perempuan tokoh Mei Rose dalam novel Surga Yang Tak Dirindukan karya Asma Nadia. 3) Bagaimanakah kaitan citra perempuan dalam novel Surga yang tak Dirindukan karya Asma Nadia dengan pembelajaran sastra di SMA. Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) Mendeskripsikan citra perempuan tokoh Arini dalam novel Surga Yang Tak Dirindukan karya Asma Nadia 2) Mendeskripsikan citra perempuan tokoh Mei Rose dalam novel Surga Yang Tak Dirindukan karya Asma Nadia. 3) Mendeskripsikan kaitan citra perempuan dalam novel Surga yang tak Dirindukan karya Asma Nadia dengan pembelajaran sastra di SMA. Data dalam penelitian ini berupa kata, kalimat, dan dialog yang berkaitan citra perempuan tokoh Arini dan Mei Rose. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pustaka, dan metode dekumentasi melalui teknik catat. Metode analisis data penelitian menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Citra perempuan tokoh Arini dalam novel Surga Yang Tak Dirindukan tercitra sebagai wanita yang prestasi, sabar dan tabah, bersyukur, menyayangi keluarga, menghormati suami, perhatian, religius, seorang penulis, tercitra sebagai anggota masyarakat. 2) Citra perempuan tokoh Mei Rose dalam novel Surga Yang Tak Dirindukan karya Asma Nadia, tercitra memiliki prestasi, sabar dan tabah, bersyukur, mandiri, religius, memiliki tekad yang kuat, berpikir realistis, menyayangi suaminya, tidak menginginkan kehadiran buah hatinya, menyayangi anaknya, pekerja kantoran. 3) Hasil analisis citra perempuan tersebut dapat dijadikan bahan ajar di Sekolah Menengah Atas khususnya dalam karya sastra yang menitik beratkan kepada penguasaan mengkaji unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam karya sastra (novel). Pada penelitian ini dapat dijadikan bahan ajar karena memenuhi syarat prinsip bahan ajar sebagai pembelajaran. Prinsip tersebut yaitu: prinsip relevansi, prinsip konsistensi, prinsip kecukupan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Citra Perempuan, Novel, Pembelajaran Sastra.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Apr 2018 05:08
Last Modified: 26 Apr 2018 05:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3191

Actions (login required)

View Item View Item