ANALISIS NILAI TAMBAH DAN PEMASARAN AGROINDUSTRI KOPI ROBUSTA (Studi Kasus Pada Kelompok Tani Karya Bakti Di Desa Andalan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara)

Rena Aulia, Agustin (2022) ANALISIS NILAI TAMBAH DAN PEMASARAN AGROINDUSTRI KOPI ROBUSTA (Studi Kasus Pada Kelompok Tani Karya Bakti Di Desa Andalan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RENA AULIA AGUSTIN (C1G018147).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (999kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis nilai tambah dan keuntungan Agroindustri kopi robusta pada kelompok Tani Karya Bakti di Desa Andalan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. (2) Menganalisis saluran dan efisiensi pemasaran dari Agroindustri kopi robusta pada Kelompok Tani Karya Bakti di Desa Andalan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif model studi kasus, unit analisis yaitu nilai tambah dan pemasaran kopi robusta, jenis data yaitu kuantitatif dan kualitatif, sumber data yaitu primer dan sekunder, dan teknik pengumpulan data yaitu dengan survey dan pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 2 bentuk produk yang diolah yaitu dalam bentuk roasting dan bubuk, masing-masing terdiri dari tiga varian yaitu natural, wine dan honey. Nilai tambah dari pengolahan 1 kg kopi menjadi kopi natural roasting sebesar Rp. 30.760/kg, wine roasting sebesar Rp. 29.533/kg, dan honey roasting sebesar Rp. 23.839/kg. Sedangkan nilai tambah natural bubuk sebesar Rp. 49.979/kg, wine bubuk sebesar Rp. 60.552/kg, dan honey bubuk sebesar Rp. 46.342/kg. Rata-rata keuntungan agroindustri kopi dalam bentuk roasting natural sebesar Rp.9.838.000, roasting wine sebesar Rp. 2.417.333, dan roasting honey sebesar Rp.1.847.833. Sedangkan rata-rata keuntungan untuk yang bubuk natural sebesar Rp.3.664.964, bubuk wine sebesar Rp.2.131.548, dan bubuk honey sebesar Rp.1.523.548 per proses produksi. Sehingga di peroleh total keuntungan atau pendapatan sebesar Rp. 21.423.226 per proses produksi atau Rp. 3.570.537 per bulan. Saluran pemasaran agroindustri kopi robusta dalam bentuk roasting dan bubuk adalah secara langsung dari produsen ke konsumen akhir. Konsumen akhir kopi roasting yaitu kedai kopi sedangkan konsumen akhir kopi bubuk yaitu rumah tangga. Pemasaran agroindustri kopi robusta dalam bentuk roasting dan bubuk termasuk kategori efisien karena share produsen melampaui >60% yaitu sebesar 100% karena pemasarannya dilakukan secara langsung

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai Tambah, pemasaran, keuntungan
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Sep 2022 03:30
Last Modified: 19 Sep 2022 03:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31966

Actions (login required)

View Item View Item