KEANEKARAGAMAN JENIS MAMALIA NON VOLAN DI RUTE PENDAKIAN SENARU TAMAN NASIONAL GUNUNG RINJANI

ARIA, GUNAWAN (2022) KEANEKARAGAMAN JENIS MAMALIA NON VOLAN DI RUTE PENDAKIAN SENARU TAMAN NASIONAL GUNUNG RINJANI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NON VOLAN WISUDA ARIAGUNAWAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman jenis mamalia non volan dan kekayaan kesamaan jenis mamalia pada masing-masing jalur pengamatan di sepanjang Rute Pendakian Senaru Taman Nasional Gunung Rinjani. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar ilmiah dalam penyusunan kebijakan pelestarian dan perlindungan keanekaragaman hayati di Taman Nasional Gunung Rinjani. Penelitian dilakukan menggunakan metode reconaince survey dengan cara pemantauan mamalia taman nasional Gunung Rinjani yang menerapkan pertemuan visual dan metode pengintaian untuk mengumpulkan data, terutama di jalur pendakian wisata yang ada di Rute Pendakian Senaru. Spesies mamalia diidentifikasi dari rekaman visual, foto, jejak kaki, feses. Hasil dari penelitian ini ditemukan 5 jenis mamalia di Rute Pendakian Senaru Taman Nasional Gunung Rinjani yaitu Monyet Ekor Panjang (M. fascicularis), Lutung (T. auratus), Babi Hutan (S. scrofa), Musang Rinjani (P. hermaphroditus rindjanicus) dan Rusa Timor (R. timorensis). Nilai keanekaragaman tertinggi pada jalur keempat yaitu 1,01 dengan kriteria (sedang), jalur ini satu-satunya jalur dengan kriteria sedang dan keanekaragaman terendah pada jalur kedua yaitu 0,17 dengan kriteria (rendah). Sedangkan nilai kesamaan jenis tertinggi pada jalur pertama ke jalur keempat, jalur kedua ke jalur keempat dan jalur ketiga ke jalur keempat dengan nilai kesamaan yaitu 0,40 dan nilai kesamaan terendah pada jalur satu ke dua, satu ketiga dan dua ketiga dengan nilai kesamaan yaitu 0,33.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Jalur Pendakian Senaru, Keanekaragaman Jenis, Kesamaan Jenis, Mamalia Non Volan, Taman Nasional Gunung Rinjani.
Subjects: S Agriculture > SK Hunting sports
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 23 Sep 2022 02:47
Last Modified: 23 Sep 2022 02:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32029

Actions (login required)

View Item View Item