EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN JAGUNG (Zea Mays L.) DI DESA TUA NANGA KECAMATAN POTO TANO KABUPATEN SUMBAWA BARAT

Je, ki (2022) EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN JAGUNG (Zea Mays L.) DI DESA TUA NANGA KECAMATAN POTO TANO KABUPATEN SUMBAWA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Evaluasi Kesesuaian Lahan Untuk Tanaman Jagung ( Zea mays L ) di Desa Tua Nanga Kecamatan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat ’’ dengan tujuan mengevaluasi kesesuaian lahan untuk tanaman jagung (Zea mays L ) di Desa Tua Nanga Kecamatan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif eksploratif dengan tahapan kegiatan lapangan meliputi tahapan persiapan dan survey lapangan, analisis tanah di labolatorium dan analisis data. Pengamatan dilapangan menggunakan system stratified atau strata dengan skala 1 : 50.000 yang terbagi dalam berbagai satuan lahan. Setelah melalui pengamatan lapangan dan analisis labolatorium maka diperoleh kelas kesesuaian lahan yaitu dengan cara matching atau membandingkan kualitas lahan dengan kriteria kesesuaian lahan untuk tanaman jagung. Hasil menunjukkan bahwa luas wilayah survey adalah 4.311 Ha yang tersebar dalam penggunaan tertentu dengan rincian lahan lading 1.198 Ha, lahan perkebunan 1.145 Ha, hutan 1.727 Ha dan Pemukiman 241 Ha. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahassan yang ada, maka dapat disimpulkan bahwa :Terdapat 4 kelas kesesuaian lahan untuk tanaman jagung di Desa Tua Nanga, yaitu kelas S2 (3 satuan lahan) dengan luas 1253 Ha, S3 (5 satuan lahan) dengan luas 1092 Ha, N1 (3 satuan lahan) dengan luas 991 Ha, dan N2 (3 satuan lahan) dengan luas 970 Ha. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kesuaian lahan S2 lebih dominan di Desa Tua Nanga Kecamatan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat. Pembatas utama dan dominan pada lahan di Desa Tua Nanga adalah suhu rerata (t), media perakaran (r) khususnya drainase tanah, retensi hara (f), dan potensi mekanisasi/terrain.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Sep 2022 01:01
Last Modified: 28 Sep 2022 01:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32135

Actions (login required)

View Item View Item