MENGEMBANGKAN KREATIVITAS GURU DALAM PEMANFAATAN BARANG BEKAS MENJADI ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DI KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN LOMBOK UTARA

Rian, Soleha (2022) MENGEMBANGKAN KREATIVITAS GURU DALAM PEMANFAATAN BARANG BEKAS MENJADI ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DI KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RIAN SOLEHA (E1F017066).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan kreativitas guru dalam pemanfaatan barang bekas menjadi Alat Permainan Edukatif (APE) di Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan metode observasi dan dokumentasi. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 11 orang guru. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa capaian pengembangan kreativitas guru dalam pemanfaatan barang bekas menjadi Alat Permainan Edukatif (APE) di Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara mengalami perkembangan. Barang bekas yang digunakan berupa bahan yang bersumber dari alam, pabrik, dan limbah. Dari bahan-bahan yang telah dikumpulkan, guru dapat membuat berbagai macam APE, diantaranya membuat APE lebah dari CD bekas, stik alfabet, puzzle, kolase, ronce sedotan, pohon hitung, maze, gelas susun, domba, miniatur rumah pelepah pisang, es krim hitung, kupu-kupu terbang, dan akuarium. Dengan pemanfaatan barang bekas untuk membuat APE, guru dapat mengekspresikan ide atau gagasan, berimajinasi, bereksplorasi, berkereasi, serta dapat menambah atau mengasah keterampilan yang dimiliki guru sehingga guru dapat menjadi lebih kreatif. Selain guru, anak juga dapat ikut berkerasi dalam pembuatan APE dari barang bekas sehingga kreativitas anak juga dapat berkembang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui pembuatan APE dari barang bekas dapat meningkatkan kreativitas guru di Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kreativitas, APE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Oct 2022 04:20
Last Modified: 03 Oct 2022 04:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32155

Actions (login required)

View Item View Item