APLIKASI MEMBRAN SELULOSA DARI BATANG PISANG TERMODIFIKASI ALGINAT DENGAN CROSSLINKER ASAM ASKORBAT SEBAGAI ADSORBEN ION LOGAM Cu(II)

MERLY, YANTI (2022) APLIKASI MEMBRAN SELULOSA DARI BATANG PISANG TERMODIFIKASI ALGINAT DENGAN CROSSLINKER ASAM ASKORBAT SEBAGAI ADSORBEN ION LOGAM Cu(II). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Merly Yanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Logam Cu(II) merupakan jenis logam yang banyak ditemukan sebagai limbah dan memiliki sifat beracun. Keberadaan logam Cu(II) yang berlebih ini dapat diatasi salah satunya menggunakan metode adsorpsi. Penelitian mengenai aplikasi membran selulosa dari batang pisang termodifikasi alginat dengan crosslinker asam askorbat sebagai adsorben ion logam Cu(II) telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkarakterisasi membran selulosa termodifikasi alginat dengan crosslinker asam askorbat (AA), mengukur kapasitas adsorpsi, dan pemodelan isoterm serta kinetika adsorpsinya dalam mengadsorpsi ion logam Cu(II). Membran selulosa-alginat-AA telah dibuat dengan komposisi selulosa dan alginat 1:1, serta asam askorbat 3 % sebagai crosslinker dalam kondisi pH 6. Membran yang dihasilkan selanjutnya dikarakterisasi menggunakan FTIR (Fourier Transform Infrared) dan pengujian swelling, ketebalan serta sifat mekaniknya. Membran yang dihasilkan pada penelitian ini memiliki nilai uji swelling sebesar 32,32 %, nilai ketebalan 0,109 mm, kuat tarik 0,642 Mpa, dan elongasi 2,988 %. Kapasitas adsorpsi pada kondisi optimum yaitu sebesar 45,30 mg/g dengan persen removal sebesar 94,22 %. Pemodelan isoterm adsorpsi mengikuti jenis pemodelan isoterm Langmuir dengan nilai R2 sebesar 0,9752. Pemodelan kinetika adsorpsi mengikuti pemodelan pseudo orde II dengan nilai R2 sebesar 0,9945.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Adsorpsi, ion logam Cu(II), membran selulosa-alginat-AA
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Oct 2022 04:20
Last Modified: 03 Oct 2022 04:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32159

Actions (login required)

View Item View Item