ANALISIS KESULITAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER PASCA PANDEMI COVID- 19 DI SDN 1 PERESAK

DINIA, SULASTRI (2022) ANALISIS KESULITAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER PASCA PANDEMI COVID- 19 DI SDN 1 PERESAK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI (Dinia Sulastri) E1E218038.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami guru dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penanaman nilai karakter siswa pasca pandemi Covid-19 di SDN 1 Peresak. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ada tiga tahap yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan sedangkan untuk uji keabasahan data menggunakan uji kredibilitas, dependability, transferability dan konfirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru mengalami kesulitan dalam menyusun RPP seperti menganalisi KD untuk dijabarkan ke dalam indikator, menentukan metode pembelajaran yang efektif dan mengaitkan materi P pembelajaran dengan nilai-nilai karakter. Guru juga mengalami kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu menanamkan nilai peduli sosial, toleransi, tanggung jawab dan disipilin karena disaat pembelajaran sedang berlangsung ada siswa yang tidak mencerminkan nilai karakter tersebut. Sehingga penguatan empat dari enam nilai karakter yang menajdi fokus dalam penelitian tidak berjalan sesuai harapan. Kemudian guru juga mengalami kesulitan pada saat mengevaluasi sikap siswa yang mencerminkan nilai karakter yang sudah ditanamkan oleh guru. Kesulitan ini terjadi karena guru tidak bisa mengamati tingkah laku siswa saat berada di luar kelas atau pada saat jam istirahat sehingga membuat guru kesulitan dalam mengevaluasi sikap siswa. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa guru SDN 1 Peresak mengalami kesulitan dalam menanamkan pendidikan karakter yaitu pada saat melakukan perencaan pembelajaran yang memuat nilai karakter, menanamkan nilai karakter dalam pelaksanaan pembelajaran dan mengevalusia sikap siswa yang mencerminkan nilai karakter.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kesulitan, Pendidikan Karakter, Pandemi Covid-19
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Oct 2022 02:07
Last Modified: 04 Oct 2022 02:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32170

Actions (login required)

View Item View Item