STUDI PROFITABILITAS USAHATANI DAN PEMASARAN TOMAT DI KECAMATAN SEMBALUN KABUPATEN LOMBOK TIMUR

NUR IMAMSYAH, SURYADI (2022) STUDI PROFITABILITAS USAHATANI DAN PEMASARAN TOMAT DI KECAMATAN SEMBALUN KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Nur Imamsyah S Final.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis produksi, biaya produksi dan pendapatan, profitabilitas, dan saluran dan efisiensi pemasaran tomat di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan unit analisis yang digunakan adalah usahatani tomat di Kecamatan Sembalun. Daerah penelitian ditentukan secara purposive sampling dengen penentuan responden petani menggunakan metode accidental sampling dan penentuan responden pedagang dilakukan dengan metode snowball sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini, terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Rata-rata hasil produksi usahatani tomat di Kecamatan Sembalun sebanyak 2.544 kg/LLG atau 22.754 kg/Ha dengan harga rata-rata Rp. 5.500/kg. Biaya produksi yang dikeluarkan rata�rata sebesar Rp. 4.728.988/LLG atau Rp. 55.438.772/Ha dan pendapatan usahatani yang diperoleh rata-rata sebesar Rp. 9.264.295/LLG atau Rp. 69.707.966/Ha. 2) Profitabilitas usahatani tomat di Kecamatan Sembalun rata-rata sebesar 143% selama semusim, dimana nilai profitabilitas tersebut lebih besar dari suku bunga Bank Indonesia yang telah ditetapkan yaitu sebesar 3% perbulan. 3) Saluran pemasaran usahatani tomat di Kecamatan Sembalun ada tiga yaitu: (i) saluran pemasaran pertama: dari petani produsen langsung ke konsumen akhir dengan volume penjualan sebesar 1.677 Kg atau 2%; (ii) saluran pemasaran dua, yaitu dari produsen ke pedagang pengecer kemudian konsumen akhir dengan volume penjualan sebesar 38.953 Kg atau 51% dan (iii) saluran pemasaran tiga yaitu dari produsen ke pedagang pengumpul kemudian ke pedagang besar, ke pedagang pengecer dan yang terakhir ke konsumen dengan volume penjualan sebanyak 35.697 Kg atau 47%. 4) Pemasaran tomat di Kecamatan Sembalun, termasuk dalam kriteria efisien baik pada saluran satu, dua dan tiga karena share harga yang diterima petani >60%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan: 1) Kepada petani agar rajin mencari dan menambah informasi dan pengetahuan baik tentang budidaya maupun pemasaran tomat, baik melalui media sosial, penyuluh, maupun sumber lain, agar budidaya dan pemasaran tomatnya lebih baik dan efektif, sehingga produksi dan pendapatan usahatani tomatnya semakin meningkat; 2) Kepada petani agar memperluas usaha dengan cara menyewa lahan lebih banyak supaya hasil produksi usahtani tomatnya meningkat; 3) Kepada pemerintah dan dinas instansi terkait agar ikut mendukung petani dalam membudidayakan tomat dengan cara memberikan pembinaan dan pendampingan kepada tentang penerapan teknologi budidaya tomat secara tepat dan pemasaran tomat yang menguntungkan petani; dan 4) Kepada peneliti berikutnya, agar melakukan penelitian lebih mendalam tentang faktor- xiii faktor produksi yang masih dapat meningkatkan produksi dan pendapatan usahatani tomat di Kecamatan Sembalun

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): tomat
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Alimin
Date Deposited: 04 Oct 2022 02:08
Last Modified: 04 Oct 2022 02:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32174

Actions (login required)

View Item View Item