PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK

MAIDYA, ANUGERAH (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Maidya Anugerah_E1Q018044.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas dan reliabilitas, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing meliputi silabus, RPP, LKPD, dan instrumen tes untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (R&D) dengan desain model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Hasil validitas perangkat pembelajaran didapatkan dari penilaian angket validasi oleh validator ahli dan praktisi. Hasil validasi ahli dan praktisi menunjukkan bahwa nilai rata-rata keseluruhan silabus, RPP, LKPD dan instrumen tes yaitu berturut- turut sebesar 90,97 %, 87,22 %, 89,39 % dan 89,35 % berada pada kategori sangat valid. Data reliabilitas didapatkan dari hasil Precentage Agreement (PA) dengan nilai reliabilitas dari semua perangkat pembelajaran yang di validasi oleh dosen maupun guru menunjukkan kategori reliabel karena memiliki nilai lebih dari 75 %. Hasil uji kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh dari angket respon peserta didik, lembar observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran, dan kemampuan kognitif peserta didik, menunjukkan bahwa hasil penilaian perangkat pembelajaran fisika dari observer dan 21 respon peserta didik termasuk dalam kategori praktis, dan kemampuan kognitif peserta didik termasuk dalam kategori sangat baik, sehingga didapatkan nilai rata-rata kepraktisan sebesar 95 % dengan kategori sangat praktis. Hasil uji keefektifan perangkat pembelajaran diperoleh dari hasil belajar kognitif peserta didik yang dihitung dengan uji N-Gain melalui pemberian tes peningkatan kemampuan kognitif. Hasil analisis nilai N-Gain yang dihasilkan dari 21 peserta didik adalah 0,73 dengan kategori peningkatan tinggi. Peningkatan kemampuan kognitif dengan kategori tinggi sebesar 38,10 %, kategori sedang sebesar 61,90 % dan tidak terdapat dalam kategori rendah. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat dikatakan layak, praktis dan efektif dalam proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika, Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Kognitif.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Oct 2022 08:33
Last Modified: 04 Oct 2022 08:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32182

Actions (login required)

View Item View Item