PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SAINS (Studi Eksperimen Dalam Pembelajaran Tema Lingkungan Pada Anak Kelompok B di PAUD Kreativa Gebang Baru Mataram Tahun Ajaran 2016/2017)

ANDRIANI, DEWI (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SAINS (Studi Eksperimen Dalam Pembelajaran Tema Lingkungan Pada Anak Kelompok B di PAUD Kreativa Gebang Baru Mataram Tahun Ajaran 2016/2017). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SIAP BURNING.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar sains di PAUD Kreativa Gebang Baru Mataram diantaranya anak belum bisa mengamati dan menyelidiki objek serta fenomena alam dan melakukan pengamatan.Hal itu juga dipengaruhi oleh kurangnya metode yang diterapkan guru dalam pembelajaran (misalnya metode pembelajaran inkuiri, eksperimen, saintifik) untuk meningkatkan prestasi belajar sains anak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran tema lingkungan terhadap prestasi belajar sains anak kelompok B di PAUD Kreativa Gebang Baru Mataram Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparatif dengan pendekatan eksperimen dan menggunakan desain one group pretest posttest design, yaitu pengukuran pretest sebelum diberi perlakuan dan pengukuran prestasi belajar sains pada posttest (setelah perlakuan). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B di PAUD Kreativa Gebang Baru Mataram Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 16 anak.Data penelitian dikumpulkan melalui teknik observasi dan dokumentasi.Tekhnik analisis menggunakan normalitas dan hipotesis.Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif penerapan metode pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran tema lingkungan terhadap prestasi belajar sains anak kelompok B di PAUD Kreativa Gebang Baru Mataram Tahun Ajaran 2016/2017. Terbukti dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung > ttabel yaitu yaitu sub tema 1 = 24,26 sub tema 2 = 25,94 sub tema 3 = 54,17 dan skor total = 30,20 dengan derajat kebebasan (dk) = 16 + 16 – 2 = 30 dan α = 1% didapatkan nilai ttabel = 2.750. Harga thitung lebih besar dari ttabel (thitung > ttabel) diterima pada taraf signifikasi 1% sehinggaterdapat pengaruh metode pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran tema lingkungan terhadap prestasi belajar sains anak kelompok B di PAUD Kreativa Gebang Baru Mataram tahun ajaran 2016/2017.Nilai rata-rata prestasi belajar sains anak setelah diberikannya perlakuan sub tema 1 33,63, sub tema 2 37,3 sub tema 3 54,94 dan rata – rata total mencapai 41,96 lebih tinggi dibandingkan sebelum perlakuan yang hanya mencapai 18,1. Perbedaan tersebut menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran berpengaruh positif terhadap prestasi belajar sains anak kelompok B.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Prestasi belajar sains, Pembelajaran inkuiri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 26 Apr 2018 03:54
Last Modified: 26 Apr 2018 03:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3220

Actions (login required)

View Item View Item