IMPLEMENTASI PROGRAM KERJA ZERO WASTE DAN DAMPAKNYA TERHADAP SIKAP CINTA LINGKUNGAN MAHASISWA (Studi Pada Kementrian Lingkungan Hidup Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Mataram)

IMAM, TANTHOWI (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM KERJA ZERO WASTE DAN DAMPAKNYA TERHADAP SIKAP CINTA LINGKUNGAN MAHASISWA (Studi Pada Kementrian Lingkungan Hidup Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Imam Tanthowi_E1B017020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Cinta lingkungan merupakan salah satu sikap yang harus dimiliki oleh mahasiswa karena masalah lingkungan hidup belakangan ini menghadapi masalah yang cukup kompleks dan dilematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program kerja zero waste pada Kementrian Lingkungan Hidup BEM Unram, untuk mengetahui dampak dari implementasi program kerja zero waste terhadap sikap cinta lingkungan mahasiswa pada Kementrian Lingkungan Hidup BEM Unram, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari implementasi program kerja zero waste pada Kementrian Lingkungan Hidup BEM Unram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik penelitian yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data menurut Milles dan Huberman yang dimana terdiri dari tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Implementasi dari program kerja zero waste memiliki dampak positif terhadap sikap cinta lingkungan mahasiswa Universitas Mataram seperti menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan bebas dari sampah, selain itu mahasiswa Universitas Mataram sudah mulai terbiasa dalam penggunaan tumblr untuk membawa minum sendiri dan tidak membeli kemasan plastik. Faktor pendukung terlaksananya program kerja zero waste adalah ketepatan sasaran dari program kerja ini, sedangkan faktor penghambat terlaksananya program kerja zero waste ini adalah kurangnya penyebaran informasi kegiatan yang dilakukan oleh internal BEM Universitas mataram

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Implementasi, Zero waste, Mahasiswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Oct 2022 07:35
Last Modified: 10 Oct 2022 07:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32204

Actions (login required)

View Item View Item