PENGARUH AKTIVITAS SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 2 SEMBALUN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Yinsix, Tamala (2022) PENGARUH AKTIVITAS SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 2 SEMBALUN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_YINSIX TAMALA (E1R018089)_PENDIDIKAN MATEMATIKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kuantitas dan kualitas aktivitas siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler, perilaku belajar, dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Sembalun (2) mengetahui pengaruh aktivitas siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler dan perilaku belajar baik secara sendiri-diri maupun bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Sembalun Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Variabel dalam penelitian ini adalah Aktivitas Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler (X1) dan Perilaku Belajar (X2) sebagai variabel bebas serta Prestasi Belajar Matematika Siswa (Y) sebagai variabel terikatnya. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Sembalun tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah 45 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh atau total sampling dimana seluruh populasi menjadi sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. Instrumen penelitian ini berupa angket aktivitas siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler, angket perilaku belajar, dan prestasi belajar matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana dan teknik analisis regresi ganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler paling dominan dengan rata-rata 61,36 termasuk dalam kategori tinggi, dan perilaku belajar paling dominan dengan rata-rata 49,56 termasuk dalam kategori cukup, serta prestasi belajar paling dominan dengan rata-rata 69,11 termasuk dalam kategori cukup; (2) Kegiatan ekstrakurikuler siswa dibidang akademik nilai prestasi belajarnya lebih baik sebesar 57,1% dibandingkan dengan kegiatan ekstrakurikuler dibidang non akademik sebesar 31,0%; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan aktivitas siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler dan perilaku belajar baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika dengan sumbangan efektif sebesar 48,2% dan sumbangan efektif masing-masing variabel berturut-turut 43,0% dan 5,2%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler; Perilaku Belajar; Prestasi Belajar Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Oct 2022 07:36
Last Modified: 10 Oct 2022 07:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32230

Actions (login required)

View Item View Item