PENERAPAN PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VIII-D DI SMPN 2 MATARAM

Baiq Tania, Febrianti (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VIII-D DI SMPN 2 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Baiq Tania FIX bgt..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII-D SMP Negeri 2 Mataram dalam pembelajaran PPKn melalui Penerapan Pembelajaran Inquiry Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, jumlah descriptor Inquiry Based Learning sebagai variabel tindakan yang muncul sebanyak 29 deskriptor (81%) dari 36 descriptor yang ditetapkan. Persentase kemunculan variabel harapan berupa kemampuan berpikir kritis siswa (80%) 32 siswa dari 40 siswa. Mengingat siklus I belum mencapai indikator kinerja, maka dilakukan refleksi untuk mengetahui penyebab indikator kinerja belum tercapai. Berdasarkan hasil refleksi dilakukan perbaikan sehingga kualitas proses pembelajaran pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 36 deskriptor (100%) dari 36 descriptor yang ditetapkan. Seiring dengan meningkatnya kualitas variabel tindakan, kualitas variabel harapan meningkat pula kemampuan berpikir kritis menjadi 38 siswa (95%) dari 40 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat dinyatakan bahwa penerapan pembelajaran Inquiry Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII-D SMP Negeri 2 Mataram dalam pembelajaran PPKn.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Berpikir Kritis, Inquiry Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 11 Oct 2022 03:54
Last Modified: 11 Oct 2022 03:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32259

Actions (login required)

View Item View Item