ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP SAYURAN SEGAR DI HYPERMART LOMBOK EPICENTRUM MALL KOTA MATARAM

Adilah, Shafirah (2017) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP SAYURAN SEGAR DI HYPERMART LOMBOK EPICENTRUM MALL KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Sayuran memiliki manfaat yang penting bagi konsumen, oleh sebab itu komoditas ini memiliki nilai ekonomi yang besar bagi sektor agribisnis. Kebutuhan manusia akan sayuran ini dibarengi dengan maraknya penjualan sayuran segar di berbabagai retail modern. Seiring dengan semakin meningkatnya tingkat pendapatan, pengetahuan, serta gaya hidup, konsumen sayuran saat ini cenderung berbelanja sayuran di retail modern. Oleh karena itu, perusahaan- perusahaan termasuk Hypermart harus memahami perilaku konsumen untuk memuaskan konsumen yang merupakan aspek penting dalam pemasaran, pengkajian perilaku konsumen sayuran segar guna meningkatkan pemasaran produk sayuran segar di Hypermart Lombok Epicentrum Mall. Tujuan penelitian ini adalah, (1) untuk mengetahui perilaku konsumen dalam membeli sayuran segar berdasarkan atribut sayuran segar di Hypermart Lombok Epicentrum Mall, dan (2) untuk mengetahui proses pengambilan keputusan konsumen dalam membeli sayuran segar di Hypermart Lombok Epicentrum Mall. Penelitian dilakukan di Pasar Modern Hypermart Lombok Epicentrum Mall yang dipilih secara sengaja (purposive sampling) dengan pertimbangan bahwa di tempat tersebut belum pernah dilakukan penelitian mengenai perilaku konsumen sayuran segar, dan penentuan jumlah sampel ditentukan dengan mengambil 5% persen dari rata-rata populasi yaitu sebanyak 73 responden sedangkan untuk pengambilan sampel konsumen dilakukan dengan teknik accidental sampling dimana suatu teknik pengambilan sampel dengan cara mewawancarai pembeli atau konsumen yang sedang membeli sayuran segar di pasar modern Hypermart Lombok Epicentrum Mall. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis Multiatribut Fishbein model TRA (The reasoned action) theory yang melibatkan sikap konsumen (Ab) dan Norma Subyektif (SN) sebagai pertimbangan konsumen untuk membeli sebuah produk dan analisis yang kedua yaitu analisis deskriptif untuk mengetahui tahapan pengambilan keputusan pembelian sayuran segar di Hypermart Lombok Epicentrum Mall.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perilaku Konsumen, Sayuran Segar
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 30 Apr 2018 01:21
Last Modified: 30 Apr 2018 01:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3226

Actions (login required)

View Item View Item