PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM MEMBENTUK KARAKER ANAK SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN “LOST GENERATION” DI SDN 4 CAKRANEGARA

IMAM, BARNADID (2022) PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM MEMBENTUK KARAKER ANAK SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN “LOST GENERATION” DI SDN 4 CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Imam Barnadid2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai Pancasila dalam membentuk karakter anak sebagai upaya pencegahan lost generation, hambatan-hambatan dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila, serta sistem pengawasan dan tindak lanjut dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian 1) penanaman nilai-nilai Pancasila dilakukan melalui kegiatan berbagai aktivitas sekolah; melalui kegiatan intrakurikuler dilakukan pembiasaan bertegur sapa, berdo‟a, bekerja kelompok, bertanya atau berpendapat, dan menghargai guru dan teman; Melalui kegiatan kokurikuler dapat dilakukan dengan memberikan tugas individu maupun kelompok, melaksanakan piket kelas, menjenguk teman yang sakit, menolong sesama, dan bermusyawarah dalam memilih pengurus kelas. Melalui kegiatan ekstrakurikuler dapat dilakukan dengan mengadakan program Imtaq, melaksanakan upacara bendera, melakukan kegiatan kepramukaan, melestarikan budaya, dan menyusun tata tertib sekolah. 2) Faktor yang memperhambat penanaman nilai-nilai Pancasila yakni faktor internal yang disebabkan sikap belajar dan lingkungan sekolah dan faktor eksternal yang disebabkan oleh lingkungan sosial dan keluarga. 3) Sistem pengawasan dan tindak lanjut yang dilakukan yaitu secara langsung melalui mata pelajaran PPKn atau ditindaklanjuti secara langsung; dan tidak langsung menerapkan tata tertib sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai-nilai Pancasila, Pembentukan Karakter, Lost Generation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Oct 2022 06:09
Last Modified: 12 Oct 2022 06:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32267

Actions (login required)

View Item View Item