PENGEMBANGAN BUKU SISWA BERMUATAN KEARIFAN LOKAL SUMBAWA KELAS IV TEMA „INDAHNYA KEBERSAMAAN‟ PADA PEMBELAJARAN IPS di SDN DASAN ANYAR KECAMATAN JEREWEH KABUPATEN SUMBAWA BARAT

INTAN, GUSTIA (2022) PENGEMBANGAN BUKU SISWA BERMUATAN KEARIFAN LOKAL SUMBAWA KELAS IV TEMA „INDAHNYA KEBERSAMAAN‟ PADA PEMBELAJARAN IPS di SDN DASAN ANYAR KECAMATAN JEREWEH KABUPATEN SUMBAWA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI INTAN AGUSTINA FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku siswa bermuatan kearifan local Sumbawa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development menggunakan model Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahapan dan kemudian disederhanakan menjadi 7 tahapan yaitu: analisis kebutuhan, perencanaan, desain produk, uji coba produk, revisis desain, validasi desain, dan revisis produk. Peneltian ini dilakukan di SD Negeri Dasan Anyar Kecamatan Jereweh Kabupaten Sumbawa Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Data hasil angket validasi dan tanggapan siswa digunakan untuk mengukur tingkat kelayakan produk menggunakan rumus persentase kelayakan. Berdasarkan hasil validasi dari ahli media tahap I mendapatkan persentase 83% dengan kategori sangat layak, hasil validasi ahli media tahap II mendapatkan persentase 99% dengan kategori sangat layak, hasil penilaian dari ahli Bahasa mendapatkan persentase 85% dengan kategori sangat layak, hasil validasi dari ahli materi tahap I mendapatkan persentase 87% dengan kategori sangat layak, hasil validasi dari ahli materi tahap II mendapatkan persentase 92% dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan nilai persentase 76,2% pada tahap I dengan kategori layak, 77% pada tahap II dengan kategori layak, dan 90,3% pada tahap III dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba kelompok besar mendapatkan persentase 94,5% dengan kategori sangat layak. Sehingga hasil seluruh penilaian dapat disimpulkan bahwa produk buku siswa bermuatan kearifan local Sumbawa sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): buku siswa, pembelajaran ips, kearifan local Sumbaw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Oct 2022 12:30
Last Modified: 17 Oct 2022 12:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32313

Actions (login required)

View Item View Item