STANDAR ISI, BAHASA, DAN PENYAJIAN BUKU TEMATIK TERBITAN MEDIATAMA TEMA 4 “ BERBAGAI PEKERJAAN “ DAN TEMA 5 “ PAHLAWANKU “ SERI HOTS KELAS IV KURIKULUM 2013

Arizal Septian, Salam (2022) STANDAR ISI, BAHASA, DAN PENYAJIAN BUKU TEMATIK TERBITAN MEDIATAMA TEMA 4 “ BERBAGAI PEKERJAAN “ DAN TEMA 5 “ PAHLAWANKU “ SERI HOTS KELAS IV KURIKULUM 2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ARIZAL S.S (E1E216021) SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam perkembangan era globalisasi saat ini banyak buku teks yang beredar dipasaran dengan berbagai macam jenis dan karakteristik yang berbeda-beda. Jenis buku yang diterbitkan baik oleh pemerintah dan swasta dari tahun ketahun terus diperbarui sesuai dengan tuntutan zaman dan kurikulum yang berkembang, tidak menutup kemungkin dari banyaknya jenis buku yang dapat digunakan oleh masyrakat sebagai acuan sumber belajar belum memenuhi standar isi, bahasadan penyajian. Oleh seabab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian standar isi, standar bahasa, dan standar penyajian yang ditetapkan oleh BSNP dengan materi yang disajikan dalam Buku Tematik Terbitan Mediatama Tema 4 Berbagai Pekerjaan dan Tema 5 Pahlawanku Seri HOTS Kelas IV Kurikulum 2013. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi (content analysis). Metode pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada tema 4 menunjukkan kesesuaian standar isi memperoleh persentase 93,05% pada kategori sangat sesuai, keseuaian standar bahasa memperoleh persentase 97,2% pada kategori sangat sesuai dan kesesuaian standar penyajian memperoleh persentase 91,6% pada kategori sangat sesuai. Sedangkan pada tema 5 menunjukkan kesesuaian standar isi memperoleh persentase 97,2% pada kategori sangat sesuai, keseuaian standar bahasa memperoleh persentase 97,2% pada kategori sangat sesuai dan kesesuaian standar penyajian memperoleh persentase 91,6% pada kategori sangat sesuai. Buku siswa Tema 4 dan 5 seri HOTS kelas IV kurikulum 2013 berada pada kategori sangat sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh BSNP.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Oct 2022 12:30
Last Modified: 17 Oct 2022 12:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32314

Actions (login required)

View Item View Item