IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR PADA KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DI KELAS III SDN 37 AMPENAN

SAFITRI, MELINIA (2022) IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR PADA KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DI KELAS III SDN 37 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Fix Safitri Melinia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar pada keterampilan membaca pemahaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III dan guru wali kelas III. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis faktor internal dan faktor eksternal penyebab kesulitan belajar membaca pemahaman. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor penyebab kesulitan belajar membaca pemahaman siswa kelas III di SDN 37 Ampenan disebabkan oleh faktor internal (Kesehatan tubuh yang kurang optimal, rendahnya intelegensi, rendahnya motivasi belajar siswa, rendahnya minat siswa dalam membaca, dan kematangan sosial dan emosi serta penyesuaian diri siswa yang belum stabil) dan faktor eksternal (cara guru dalam mengajar yang tidak bervariasi dan lingkungan keluarga berupa perhatian orang tua yang kurang pada siswa). Jadi dapat disimpilkan bahwa terdapat beberapa faktor penyebab kesulitan belajar membaca pemahaman siswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kesulitan belajar, membaca pemahaman.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Alimin
Date Deposited: 18 Oct 2022 02:36
Last Modified: 18 Oct 2022 02:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32325

Actions (login required)

View Item View Item