PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI KELAS XI SMA

BQ. HAR, TINA (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI KELAS XI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan lembar kegiatan peserta didik dengan pendekatan saintifik materi hidrokarbon dan minyak bumi kelas XI SMA yang sudah dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development) model 4D yang ditawarkan oleh Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (dissemination). Penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap pengembangan (develop) karena keterbatasan waktu, biaya, dan tenaga. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, angket lembar validasi dan angket respon peserta didik. Validasi LKPD dilakukan oleh para validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan LKPD yang telah dinilai oleh para validator pada aspek konten/isi berada pada kategori sangat valid dengan nilai persentase rata-rata sebesar 88,3%, aspek tampilan 88,19% dengan kategori sangat valid, aspek bahasa 91,7 % dengan kategori sangat valid, dan aspek penggunaan dan penyajian sebesar 82,14% dengan kategori cukup valid. Kepraktisan LKPD diketahui dari angket respon peserta didik. Hasil angket respon peserta didik diperoleh nilai persentase rata- rata sebesar 82% dengan kategori sangat praktis. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa lembar kegiatan peserta didik dengan pendekatan saintifik pada materi hidrokarbon dan minyak bumi kelas XI SMA yang dikembangkan valid dan praktis untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran kimia di kelas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengembangan, Lembar Kegiatan Peserta Didik, Pendekatan Saintifik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Oct 2022 01:33
Last Modified: 19 Oct 2022 01:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32354

Actions (login required)

View Item View Item