PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN KELOMPOK B DI TK ISLAM NURUL IMAN SEKARBELA

FITRI, ANI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN KELOMPOK B DI TK ISLAM NURUL IMAN SEKARBELA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI COVER FITRI 2022-digabungkan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan melalui metode bercerita dengan media boneka tangan pada kelompok B di TK Islam Nurul Iman Sekarbela. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart, Subjek penelitian adalah 12 anak kelompok B3 TK Islam Nurul Iman Sekarbela. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen lembar observasi yang berbentuk checklist. Analisis data dilakukan melalui deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila kemampuan berbahasa lisan anak mencapai 75% dan mendapat bintang 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan berbahasa lisan melalui metode bercerita dengan media boneka tangan mengalami peningkatan. Hasil penelitian dari pelaksanaan siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 59%. Di siklus I anak yang Berkembang Sangat Baik (BSB) berjumlah 3 orang anak atau sama dengan 25% saja, sedangkan disiklus II anak yang Berkembang Sangat Baik (BSB) mengalami peningkatan menjadi 10 orang anak atau sama dengan 84%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan metode bercerita dengan media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan kelompok B di TK Islam Nurul Iman Sekarbela. Dalam meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak, guru harus lebih kreatif dan inovatif serta memperhatikan hal-hal dalam bercerita seperti pemilihan jenis cerita, tempat bercerita, penyiapan alat peraga dan penyajian cerita.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kemampuan berbahasa lisan, metode bercerita, boneka tangan.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Oct 2022 02:52
Last Modified: 24 Oct 2022 02:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32403

Actions (login required)

View Item View Item