PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG BIJI KECIPIR (Psophocarpus tetragonolobus) PADA PAKAN TERHADAP TINGKAT KEMATANGAN GONAD IKAN KARPER (Cyprinus carpio

Farah, Julianti (2022) PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG BIJI KECIPIR (Psophocarpus tetragonolobus) PADA PAKAN TERHADAP TINGKAT KEMATANGAN GONAD IKAN KARPER (Cyprinus carpio. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
FIX - skripsi faraaaahhhh fiiixxx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
jurnal artikeelll faraaaah (1).pdf

Download (736kB) | Preview

Abstract

Ikan karper (Cyprinus carpio) adalah spesies ikan air tawar yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi dan telah menyebar ke seluruh wilayah di Indonesia. Ikan karper (Cyprinus carpio) dapat melakukan pemijahan setiap tahun tanpa mengenal musim. Namun adanya kendala pada benih yang diproduksi oleh induk ikan karper menyebabkan menurunnya kualitas benih yang dihasilkan oleh induk ikan karper. Bahan alami yang mengandung vitamin E yang bisa digunakan untuk meningkatkan kematangan gonad, diameter telur dan proses embriogenesis yaitu biji kecipir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung biji kecipir dalam pakan ikan karper dan juga dosis optimal dalam meningkatkan kematangan gonad ikan karper. Penelitian ini dilakukan secara eksperimental dengan menggunakan RAL (Rancangan Acak Lengkap) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 3 pengulangan. Percobaan pemberian pakan dengan penambahan tepung biji kecipir meliputi A (0 %), B (3%), C (6%), dan D (9%). Induk ikan karper yang digunakan sebanyak 24 ekor dengan ukuran 30 – 31 cm, bobot 800 - 820 g. Pemeliharaan dilakukan selama 60 hari dengan frekuensi pemberian pakan 3 kali sehari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosis penambahan tepung biji kecipir berpengaruh nyata terhadap kematangan gonad ikan karper. Sehingga didapatkan nilai tertinggi IKG sebesar 14.33 % ,Fekunditas sebesar 18560.44 butir, Diameter telur sebesar 1.38 mm pada perlakuan D dengan penambahan tepung biji kecipir dosis (9 %) / kg pakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Biji Kecipir, Ikan Karper, Tingkat Kematangan Gonad
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:27
Last Modified: 25 Oct 2022 03:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32411

Actions (login required)

View Item View Item