PROFIL LITERASI SAINS DAN KECENDERUNGAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMPN DI KOTA MATARAM

LILIK, MULIANI (2022) PROFIL LITERASI SAINS DAN KECENDERUNGAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMPN DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LILIK MULIANI REVISI 8 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil literasi sains dan kecenderungan berpikir kritis peserta didik SMPN di Kota Mataram. Subjek pada penelitian ini ialah peserta didik kelas VIII pada jenjang SMP di Kota Mataram. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan berupa tes berbasis literasi sains berdasarkan PISA 2018 dan angket kecenderungan berpikir kritis menurut The California Critical Thinking Disposition Inventori (CCTDI) yang dikembangkan oleh Facione yang diadaptasi dari penelitian Saputra dkk. (2019). Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi sains peserta didik SMPN di Kota Mataram termasuk dalam kategori sangat rendah, dengan rata-rata skor capaian literasi 41,71% (±13,51). Rata-rata literasi sains peserta didik laki-laki dan perempuan tidak banyak berbeda yakni secara berurutan 40,75 (± 14,05) dan 42,62 (±12,97). Semua kompetensi literasi sains peserta didik termasuk dalam kategori sangat rendah. Capaian kecenderungan berpikir kritis peserta didik SMPN di Kota Mataram secara keseluruhan sebesar 73,27 (±5,97) dengan kategori tinggi. Rata-rata kecenderungan berpikir kritis peserta didik laki-laki cenderung sedikit lebih rendah dibanding perempuan yaitu 72,39 (±5,68) < 74,10 (±6,14). Indikator kecenderungan berpikir kritis dengan capaian terendah ialah indikator pencarian kebenaran yang termasuk dalam kategori tinggi. Indikator kecenderungan berpikir kritis dengan capaian tertinggi ialah keterbukaan pikiran yang termasuk dalam kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): literasi sains, kecenderungan berpikir kritis, kompetensi PISA, indikator CCTDI.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:27
Last Modified: 25 Oct 2022 03:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32414

Actions (login required)

View Item View Item