TINJAUAN HUKUM TERHADAP PENGAMBILALIHAN HAK ATAS TANAH MASYARAKAT OLEH PT. MULTIMINA MERTASARI (Studi di Desa Rhee Kecamatan Rhee Kabupaten Sumbawa)

RYAN OCTUA, BRIYANTO (2022) TINJAUAN HUKUM TERHADAP PENGAMBILALIHAN HAK ATAS TANAH MASYARAKAT OLEH PT. MULTIMINA MERTASARI (Studi di Desa Rhee Kecamatan Rhee Kabupaten Sumbawa). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SEMTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peralihan hak atas tanah masyarakat oleh PT Multimina Metasari dan upaya perlindungan hukum terhadap masyarakat pemegang hak atas tanah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empris dengan menggunakan metode pendekatan perundang- undangan, konseptual, dan pendekatan sosiologis. Proses peralihan hak atas tanah masyarakat kepada perusahaan swasta di Desa Rhee Kecamatan Rhee Kabupaten Sumbawa dilakukan melalui pejanjian jual beli dan perjanjian untuk membuka lahan baru bagi masyarakat secara langsung oleh perusahaan bekerjasama dengan pemerintah dan panitia Sembilan. Adapun perlindungan hukum terhadap masyarakat pemegang hak atas tanah yaitu berdasarkan pasal 28 H Ayat 4 “Setiap orang berhak mempunyai hak milik pribadi dan hak tersebut tidak boleh diambil alih secara sewenang-wenang. Diatur lebih lanjut terkait dengan proses peralihan hak atas tanah untuk kepentingan swasta pasal 37 ayat 1 No.24 tahun 1997 menyatakan bahwa.“peralihan hak atas tanah dan hak milik atas satuan rumah susun melalui jual beli, tukar menukar, hibah, pemasukan dalam perusahaan dan perbuatan hukum pemindahan hak lainnya, kecuali pemindahan hak melalui lelang hanya dapat didaftarkan jika dibuktikan dengan akta yang dibuat oleh Pejabat pembuat Akta Tanah yang berwenang menurut ketentuan Peraturan perundang-Undangan yang berlaku.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peralihan Hak, Atas Tanah, Masyarakat, Swasta.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:26
Last Modified: 25 Oct 2022 03:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32420

Actions (login required)

View Item View Item