Peningkatan Keterampilan Menyimak dan Berbicara Melalui Permainan Bisik Berantai Pada Anak Kelompok B

SOPHIA DARA, KIRANA (2022) Peningkatan Keterampilan Menyimak dan Berbicara Melalui Permainan Bisik Berantai Pada Anak Kelompok B. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SOPHIA DARA KIRANA_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Menyimak dan berbicara merupakan dua dari empat aspek dalam keterampilan bahasa. Menyimak merupakan keterampilan bahasa pertama yang harus dimili oleh anak sebagai modal awal anak dalam berkomunikasi. Sedangkan berbicara adalah bentuk komunikasi secara lisan untuk menyatakan, mengungkapkan atau mengkomunikasikan pikiran dan perasaannya kepada orang lain sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan oleh anak. Namun pada umumnya anak usia dini masih mengalami kesulitan dalam menyimak dan berbicara. Banyak faktor yang menjadi penyebab hal tersebut terjadi, salah satunya adalah kurang variatifnya guru di sekolah dalam memberikan stimulus pada anak dalam menerapkan strategi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi anak. Strategi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi anak yaitu melalui bermain, salah satu permainan yang dapat menstimulasi keterampilan menyimak dan berbicara anak adalah permainan bisik berantai. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatakan keterampilan menyimak dan berbicara anak kelompok B2 di TK Barunawati Sumbawa Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan model siklus dari Kemmis dan Taggart yang dilakukan dalam II Siklus. Adapun analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian adalah anak kelompok B2 yang berjumlah 19 anak. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menyimak dan berbicara anak yang pada pra-siklus hanya mencapai 42,11%, meningkat pada siklus I menjadi 52,62% dan pada siklus II mencapai 82,34%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui permainan bisik berantai dapat meningkatkan keterampilan bahasa anak dari aspek keterampilan menyimak dan berbicara pada kelompok B2 di TK Barunawati Sumbawa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keterampilan Menyimak, Keterampilan Berbicara, Bisik Berantai.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:26
Last Modified: 25 Oct 2022 03:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32422

Actions (login required)

View Item View Item