FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA DISTOKIA PADA SAPI BALI DI PETERNAKAN RAKYAT KECAMATAN AIKMEL KABUPATEN LOMBOK TIMUR

NASRUL, LAH (2022) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA DISTOKIA PADA SAPI BALI DI PETERNAKAN RAKYAT KECAMATAN AIKMEL KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NASRULLAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan terjadinya distokia pada sapi Bali di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 4 Juni sampai dengan 4 Agustus 2021. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah induk sapi Bali sejumlah 96 ekor. Variabel yang diamati yaitu penyebab distokia. Metode yang digunakan yaitu deskrftif dan sample diambil dengan teknik purposive sampling. Data yang dikumpulkan ditabulasi dan dianalis dengan statistik sederhana yaitu persentase, rata-rata sampai dengan hasil penelitian menunjukkan faktor penyebab distokia pada fetus disebabkan oleh presentasi, posisi dan posture sebanyak 52,08% kasus. Pada induk disebabkan oleh obstruksi jalur kelahiran 16,7 % kasus dan kekuatan dari induk 25% kasus. Kasus distokia yang terjadi pada induk sapi bali di Kecamatan Aikmel paling sering disebabkan oleh abnormalitas kedudukan fetus dengan presentase kasusnya yaitu 58,33% kasus.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Distokia, Pedet, Induk, Sapi bali
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:26
Last Modified: 25 Oct 2022 03:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32423

Actions (login required)

View Item View Item