ANALISIS JARINGAN SOSIAL PENGGUNA TWITTER PADA TOPIK BTS MENGGUNAKAN SENTRALITAS DERAJAT, SENTRALITAS KEANTARAAN, DAN SENTRALITAS KEDEKATAN

SITI, ADNIATI (2022) ANALISIS JARINGAN SOSIAL PENGGUNA TWITTER PADA TOPIK BTS MENGGUNAKAN SENTRALITAS DERAJAT, SENTRALITAS KEANTARAAN, DAN SENTRALITAS KEDEKATAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_SITI_ADNIATI_G1D016046_250822_disahkan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dewasa ini, suatu merek dagang mulai dibangun melalui konten di media sosial dengan melibatkan pemengaruh yang perannya semakin dibutuhkan pada pemasaran digital sehingga menemukan mereka di jaringan media sosial adalah suatu hal yang penting. Dalam pengenalan merek, BTS memberikan pengaruh yang besar dimana suatu merek yang berkolaborasi dengan mereka mendapat respon antusias dari penggemar yang ikut menyebarluaskan informasi dan merekomendasikannya kepada orang lain melalui Twitter. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemengaruh potensial dalam penyampaian informasi pada topik BTS di Twitter menggunakan analisis jaringan sosial. Analisis jaringan sosial menerapkan konsep teori graf dimana simpul sentral diukur dengan ukuran sentralitas yaitu sentralitas derajat, sentralitas keantaraan, dan sentralitas kedekatan. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa simpul sentral atau pemengaruh dalam jaringan dapat berupa akun personal dari pengemar (fan account) atau akun basis penggemar (fanbase).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): analisis jaringan sosial, BTS, pemengaruh, sentralitas, simpul sentral, Twitter
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Oct 2022 02:26
Last Modified: 27 Oct 2022 02:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32426

Actions (login required)

View Item View Item