PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERAHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SDN SEGUGUS KEC. RABA KOTA BIMA

NUR, ISTIQAMAH (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERAHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SDN SEGUGUS KEC. RABA KOTA BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Nur Istiqamah (E1E016108).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) yang biasa digunakan di sekolah terhadap keterampilan menulis karangan narasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa.Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Grup Design. Penelitian dilakukan terhadap dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol (pembanding). .Populasi penelitian adalah peserta didik kelas IV di SDN Segugus Kec.Raba tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 131 peserta didik yang terbagi dalam 5 sekolah.Teknik Pengambilan sampel adalah sampling purposive dan di peroleh 2 sekolah yaitu , SDN 62 Rontu dan SDN 49 Rabangodu Selatan sebagai sampel. instrumen pengumpulan data yaitu soal tes,observasi, wawancara dan pemberian video audio visual.Pada penelitian ini untuk menentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan cara pengundian . Hasil pengundian menunjukkan bahwa kelas IV di SDN 62 Rontu ditetapkan sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional, sedangkan kelas IV di SDN 49 Rabangodu Selatan sebagai kelompok eksperimen menggunakan metode TTW.Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran TTW terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV di Segugus Kec. Raba Kota Bima tahun ajaran 2021/2022. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig 2 tailed 0,05 yaitu 0,013 0,05 dengan taraf signifikan 5% maka dapat dikatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yang dimana kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran TTW lebih tinggi dari pada hasil belajar kelompok kontrol yang menggunakan media konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): lembar kerja peserta didik,Think Talk Write,bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Oct 2022 02:26
Last Modified: 27 Oct 2022 02:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32429

Actions (login required)

View Item View Item