ANALISIS PSIKOLOGIS TOKOH UTAMA DALAM NOVEL “TUHAN, IZINKAN AKU MENJADI PELACUR” KARYA MUHIDIN M. DAHLAN TINJAUAN PSIKOLOGI HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW

JUMI, ATI (2022) ANALISIS PSIKOLOGIS TOKOH UTAMA DALAM NOVEL “TUHAN, IZINKAN AKU MENJADI PELACUR” KARYA MUHIDIN M. DAHLAN TINJAUAN PSIKOLOGI HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
FIKS SKRIPSI (JUMIATI E1C118035).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Novel Tuhan, Izinkan Aku Menjadi Pelacur salah satu novel yang mengangkat tentang konflik batin dan persoalan psikologis tokoh utama. Untuk mengetahui psikologi dalam diri tokoh utama dibutuhkan sebuah teori dan pendekatan yang tepat salah satunya menggunakan pendekatan psikologi humanistik Abraham Maslow. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aspek psikologis tokoh utama dalam novel Tuhan, Izinkan Aku Menjadi Pelacur Karya Muhidin M. Dahlan berdasarkan tinjauan psikologi humanistik Abraham Maslow.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif.Data dalam penelitian ini berupa kutipan, dialog, seting dalam novel Tuhan, Izinkan Aku Menjadi Pelacur Karya Muhidin M. Dahlan.Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Tuhan, Izinkan Aku Menjadi Pelacur Karya Muhidin M. Dahlan yang diterbitkan tahun 2003.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka.Sementara, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi humanistik Abraham Maslow. Hasil analisis penelitian berdasarkan teori psikologi humanistik Abraham Maslow, ditemukan 25 data yang menunjukkan psikologis tokoh utama mencakup lima kebutuhan bertingkat terpenuhi dengan baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan tokoh Nidah merupakan seorang yang pintar, sederhana, ramah dan mampu menghargai orang lain.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): psikologis, psikologi humanistik Abraham Maslow, Tuhan, Izinkan Aku Menjadi Pelacur
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Oct 2022 02:30
Last Modified: 27 Oct 2022 02:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32437

Actions (login required)

View Item View Item