PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI PANTUN KELAS V SDN 61 KARARA KOTA BIMA

NURUL, ATHIFAH (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI PANTUN KELAS V SDN 61 KARARA KOTA BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI TIFA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran pop-up book yang memuat materi pantun untuk kelas V SDN 61 Karara Kota Bima. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model penelitian yang digunakan yaitu model ADDIE. Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif yang didapatkan melalui wawancara, observasi dan angket. Hasil penelitian ini yaitu berdasarkan uji validasi media tahap I adalah 80% dan tahap II adalah 88.8%. sedangkan hasil uji validasi materi mendapatkan hasil 91,1%. Berdasarkan uji tanggapan peserta didik mendapatkan hasil 84,8%, pada uji coba kelompok kecil, 88,8% pada kelompok sedang, dan 91,4% pada kelompok besar, sedangkan hasil observasi implementasi mendapat hasil 85%. Dapat disimpulkan bahwa media pop-up book yang dikembangkan layak digunakan untuk mengajarkan pembelajaran bahasa Indonesia materi pantun pada kelas V sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengembangan, media pembelajaran, pop-up book, pantun
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Oct 2022 07:56
Last Modified: 27 Oct 2022 07:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32470

Actions (login required)

View Item View Item