APLIKASI KOMPOS LIMBAH INDUSTRI TAHU PLUS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL KAILAN BABY (Brassica oleraceae var. acephala L.H.Bailey)

Dwi, Ariyanto (2020) APLIKASI KOMPOS LIMBAH INDUSTRI TAHU PLUS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL KAILAN BABY (Brassica oleraceae var. acephala L.H.Bailey). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tanaman Kailan (Brassica oleraceae var. acephala L.H. Bailey) merupakan salah satu jenis sayuran sayuran yang digemari masyarakat. Kailan memiliki tekstur empuk, renyah, dan agak manis. Selain itu, Kailan juga memiliki banyak kandungan dan manfaat untuk kesehatan (Ninja, 2012). Hampir semua bagian kailan dapat dikonsumsi yaitu batang dan daunnya. Dalam 100 gram bagian kailan yang dikonsumsi mengandung, 115 miligram vitamin C dan vitamin A, 62 miligram Ca dan 2,2 miligram Fe (Irianto, 2012). Kailan mengandung asam folat yang bermanfaat untuk perkembangan otak pada janin. Kailan juga bisa memperbaiki dan memperlancar pencernaan makanan. Kailan juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang baik untuk kesehatan mata, memperlambat proses penuaan, dan mengurangi resiko penyakit kanker dan tumor. Kailan (Brassica oleraceae var. acephala L.H. Bailey) saat ini telah dibudidayakan dengan sistem pertanian konvensional, dampak dari pertanian konvensional ini adalah penurunan kualitas tanah akibat residu atau sisa pupuk kimia anorganik yang tidak diserap seluruhnya oleh tanaman, kandungan kalium yang berlebihan bisa mengganggu keseimbangan pH pada tanah pertanian, kondisi tersebut akan menjadi racun untuk tanaman serta menurunkan produktivitas dari tanaman tersebut. Penggunaan pestisida kimia secara berlebih juga akan meninggalkan residu yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Akmulasi dari pestisida dapat mencemari lahan pertanian dan apabila masuk ke dalam rantai makanan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti kanker, bayi lahir cacat dan CAIDS. Salah satu solusi untuk mengatasi dampak pertanian konvensional adalah dengan cara menerapkan pertanian organik dengan mengggunakan pupuk kompos, salah satu bahan yang berpotensi untuk dijadikan pupuk kompos adalah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Anak Magang
Date Deposited: 28 Oct 2022 05:29
Last Modified: 28 Oct 2022 05:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32474

Actions (login required)

View Item View Item