KAJIAN KEMAJUAN SELEKSI MASSA DENGAN PENGENDALIAN PENYERBUKAN HINGGA SIKLUS KELIMA UNTUK DAYA HASIL TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.) DI LAHAN KERING

Dedi, Hardianto (2020) KAJIAN KEMAJUAN SELEKSI MASSA DENGAN PENGENDALIAN PENYERBUKAN HINGGA SIKLUS KELIMA UNTUK DAYA HASIL TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.) DI LAHAN KERING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI EDIT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (732kB)

Abstract

Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang penting karena selain memiliki nilai gizi yang hampir setara dengan beras juga dapat digunakan sebagai bahan baku pakan ternak, bahan dasar industri, dan merupakan salah satu komoditi ekspor. Pengembangan tanaman jagung menjadi prioritas pemerintah NTB guna meningkatkan produksi dan pendapatan petani di lahan kering melalui program PIJAR (sapi, jagung dan rumput laut) dan dilanjutkan dengan program Pajale sejak tahun 2015. Dalam usaha peningkatan produksi jagung penggunaan varietas unggul baru dan sistem bercocok tanam memegang peran penting. Rata- rata produksi jagung varietas lokal masih tergolong lebih rendah jika dibandingkan dengan jagung varietas unggul. Oleh karena itu, telah dilakukan perbaikan genetik untuk mendapatkan varietas unggul berdaya hasil tinggi. Varietas unggul yang tahan terhadap kekeringan dapat berupa komposit, sintetik, maupun hibrida. Percobaan ini bertujuan untuk mengetahui kemajuan seleksi massa dengan pengendalian penyerbukan (DPP) terhadap daya hasildan karakter lain di lahan kering, mengetahui rata-rata daya hasil populasi hasil seleksi DPP siklus ke-5 dibanding populasi awal dan varietas unggul lamuru dan mengetahui keterkaitan berbagai karakter dengan daya hasil di lahan kering. Percobaan ini telah dilakukan di Dusun Amor-amor, Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Percobaan ini dilakukan dari bulan Juli sampai Oktober 2017. Rancangan Percobaan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK), yang terdiri dari 7 perlakuan dan masing- masing perlakuan diulang 4 kali sehingga diproleh 28 unit percobaan. Pengamatan dilakukan terhadap (1) tinggi tanaman (2) jumlah daun (3) umur keluar malai (4) umur keluar rambut tongkol (5) umur panen (6) diameter tongkol (7) panjang tongkol (8) daya hasil bobot biji k pipil per tanaman (9) bobot tongkol kering panen (10) bobot 1000 butir biji. dianalisis menggunakan analisis sidik ragam pada taraf nyata 5% dan ap terdapat beda nyata maka dilanjutkan dengan uji BNT 0,05. Berdasarkan hasil dan pembahasan, maka dapat diambil kesimpu bahwa kemajuan seleksi mssa dengan pengendalian penyerbukan hingga sikl lima untuk daya hasil bersifat linier tidak nyata sebesar 1,56 gr tanama siklus. Rata-rata daya hasil populasi hasil seleksi siklus ke lima sama de populasi awal dan varietas unggul lamuru. Karakter yang memiliki korelasi p nyata dengan daya hasil yaitu, diameter tomgkol. Panjang tongkol, bobot to kering panen pertanaman, bobot 1000 butir biji, sedangkan sifat yang lain tida terkait erat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Anak Magang
Date Deposited: 28 Oct 2022 05:29
Last Modified: 28 Oct 2022 05:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32475

Actions (login required)

View Item View Item