KETERLIBATAN WANITA USIA PRODUKTIF ALAM INDUSTRI KERAJINAN TENUN GEDOGAN DI DESA PRINGGASELA KECAMATAN PRINGGASELA

Ahsanul, Azmi (2020) KETERLIBATAN WANITA USIA PRODUKTIF ALAM INDUSTRI KERAJINAN TENUN GEDOGAN DI DESA PRINGGASELA KECAMATAN PRINGGASELA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Lengkap Ahsan 2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Industri kerajinan tenun merupakan industri rumah tangga yang memiliki karakteristik tertentu seperti umumnya tempat tinggal dan tempat bekerja digabung sebagai tempat berusaha. Tenun gedogan merupakan pembuatan kain dengan cara ditenun terlebih dahulu. Gedogan adalah nama dari alat yang digunakan untuk menenun. Gedogan dimiliki oleh setiap pengrajin tenun. Alat ini biasanya dibuat oleh tukang kayu. Bahan yang paling bagus untuk membuat gedogan adalah kayu pohon kelapa. Usaha tenun gedogan di Desa Pringgasela Kecamatan Pringgasela merupakan usaha turun-temurun yang dikerjakan oleh kaum wanita, karena untuk menenun perlu ketelitian, keuletan, dan ketekunan yang tinggi sehingga banyak wanita melakukan pekerjaan ini. Wanita bekerja pada kerajinan tenun gedogan bertujuan untuk meningkatkan ekonomi rumah tangga yang umumnya rendah, karena pendapatan dari bertani tidaklah mampu untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, hal inilah yang menyebabkan wanita ikut berperan aktif untuk mencari nafkah, selain harus tetap menjalankan kewajibannya sebagai ibu rumah tangga, mengurus suami maupun mendidik anak-anaknya. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui keterlibatan wanita usia produktif pada usaha kerajinan tenun gedogan di Desa Pringgasela Kecamatan Pringgasela. (2) Untuk mengetahui curahan waktu kerja wanita usia produktif pada usaha kerajinan tenun gedogan di Desa Pringgasela Kecamatan Pringgasela. (3) Untuk mengetahui pendapatan usaha kerajinan tenun gedogan di Desa Pringgasela Kecamatan Pringgasela. (4) Untuk mengetahui kendala dalam usaha kerajinan tenun gedogan di Desa Pringgasela Kecamatan Pringgasela.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah deskriptif,sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik survei. Jumlah responden ditentukan dengan Proporsional Random Samplingpada masing- masing rw di Dusun Gubuk Daya. Kemudian ditentukan sebanyak 30orang responden dengan perincian masing-masing sebanyak 6 orang (Rw Aman), 5 orang (RwDamai), 12 orang (Rw Adil) dan 7 orang (Rw Makmur). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Keterlibatanwanitausiaproduktifdalamindustrikerajinantenungedogandi Desa Pringgaselaterdapatsebanyak36orangyangterbagidalam30iburumahtanggadan6ora nganakperempuan. (2) Padaindustrikerajinantenungedoganuntukmemproduksisebuahsarungdanselendang dibutuhkanwaktusebanyak 7,75 HKOyangdikerjakanolehtenagakerjadalamkeluargadan2,16HKOuntuktenagakerjal uarkeluarga. (3) Rata-ratabiayayangdikeluarkanolehpengrajintenungedogandi Desa Pringgasela Kecamatan PringgaselayaitusebesarRp.427.866denganpenerimaanperbulannyasebesarRp.1.30 5.119.sehinggapendapatanpengrajintenungedogandi Desa PringgaselasebesarRp.877.252.perbulan. (4) Kendalayangdihadapiolehpengrajinyaitukekuranganmodal(33,33%)dankesulitand alampemasaran(66,67%). Dari hasil penelitian yang telah diuraikan, maka dapat disarankan sebagai berikut : (1) Diharapkankepadapengrajinuntukmelakukanpromosimelaluimedia sosial ataumengikutipameranyangdiadakanolehpihaktertentuuntuk bisa memperkenalkankaintenunkemasyarakatataupasarluas. (2) Diharapkan kepada pengrajin agar membuat kelompok usaha tenun dan membuat koperasi supaya bisa mendapatkan bantuan pinjamana modal dengan prosedur sederhana terutama untuk pembiayaan sarana produksi.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Anak Magang
Date Deposited: 28 Oct 2022 05:30
Last Modified: 28 Oct 2022 05:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32476

Actions (login required)

View Item View Item