SEBUAH STUDY DESKRIPSI TENTANG PENGGUNAAN PENDEKATAN COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING (CLT) TERHADAP PENGAJARAN SPEAKING DI SMAN 1 PRAYA

RIJNAN, RIJNAN (2020) SEBUAH STUDY DESKRIPSI TENTANG PENGGUNAAN PENDEKATAN COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING (CLT) TERHADAP PENGAJARAN SPEAKING DI SMAN 1 PRAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ABSTRAK INDO ENGLIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)

Abstract

Kemampuan berbicara dengan lancar dan akurat adalah poin penting dalam belajar bahasa Inggris. Kemampuan ini berkaitan dengan kompetensi komunikatif. Communicative Language Teaching (CLT) dirancang untuk meningkatkan kompetensi komunikatif siswa, guru bahasa Inggris, bagaimanapun, telah memberikan sedikit perhatian tentang bagaimana CLT meningkatkan kompetensi komunikatif siswa sehingga siswa menunjukkan respons yang bervariasi dalam belajar bahasa Inggris khususnya berbicara. Studi kualitatif ini meneliti penerapan karakteristik dan prinsip-prinsip dari CLT dalam mengajar berbicara. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mendeskripsikan implementasi CLT oleh dua Guru Bahasa Inggris di kelas dua SMAN 1 Praya, SMAN 1 Praya dengan memberikan perhatian pada kesenjangan dengan melakukan observasi kelas enam di Program Pendidikan Khusus Nurul Hakim Islam Pondok Pesantren, Lombok. Data diperoleh dengan melakukan observasi kelas dan wawancara dengan kedua Guru Bahasa Inggris. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Miles and Huberman Model. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa guru bahasa inggris menerapkan prinsip-prinsip CLT melalui beberapa cara seperti percakapan Guru-Siswa, percakapan siswa-siswa, dan pekerjaan individu siswa. Lebih spesifiknya, kegiatan kelas memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkomunikasi dalam bahasa inggris. Selain itu, para guru menerapkan permainan, kerja kelompok, interaksi tatap muka, dan permainan peran untuk mengaktifkan seiswa pasif. Bermain game adalah kegiatan yang paling menarik minat siswa, diikuti oleh permainan peran, diskusi kelompok dan interaksi tatap muka.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Penerapan Karakteristik dan Prinsip-Prinsip CLT, Pengajaran Berbicara, SMAN 1 Praya
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Anak Magang
Date Deposited: 28 Oct 2022 05:30
Last Modified: 28 Oct 2022 05:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32477

Actions (login required)

View Item View Item