PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM KIMIA BAHAN ALAM TENTANG ISOLASI SENYAWA HESPERIDIN DARI KULIT BUAH JERUK MANIS (Citrus Sinensis)

SUHRATUL, AINI (2020) PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM KIMIA BAHAN ALAM TENTANG ISOLASI SENYAWA HESPERIDIN DARI KULIT BUAH JERUK MANIS (Citrus Sinensis). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Suhratul Aini-E1M015067.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Langkah-langkah mengembangkan modul praktikum isolasi senyawa hesperidin dari kulit buah jeruk manis (Citrus sinensis). (2) Mengetahui kepraktisan dan kelayakan modul praktikum isolasi senyawa hesperidin dari kulit buah jeruk manis (Citrus sinensis). (3) Mengetahui respon mahasiswa dan dosen mengenai mengembangan modul pratikum isolasi senyawa hesperidin dari kulit buah jeruk manis (Citrus sinensis). Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Kimia yang telah memprogramkan mata kuliah Kimia Bahan Alam. Sampel penelitian terdiri atas tiga puluh satu mahasiswa yang dipilih dari populasi untuk menguji kepraktisan modul. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai validitas yang diperoleh dengan menggunakan indeks Aiken adalah V = 0,86 dan modul praktikum berada pada kategori sangat valid dan sangat layak digunakan. Sementara itu, praktikalitas untuk semua komponen modul diperoleh nilai rata- rata dari respon mahasiswa sebesar 81,1 % dan dari respon dosen sebesar 91,3% yang menunjukan bahwa modul praktikum berada pada kategori sangat praktis. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul praktikum kimia bahan alam tentang isolasi senyawa hesperidin dari kulit buah jeruk manis yang dikembangkan menggunakan model 4D telah terlaksana dan diperoleh modul praktikum bersifat sangat layak dan sangat praktis sehingga dapat digunakan pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: modul praktikum, kimia bahan alam, isolasi hesperidin, kulit jeruk manis, penelitian dan pengembangan.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Anak Magang
Date Deposited: 28 Oct 2022 05:30
Last Modified: 28 Oct 2022 05:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32481

Actions (login required)

View Item View Item