ANALISIS INDEKS KEKERINGAN DENGAN METODE STANDARDIZED PRECIPITATION INDEX (SPI) DI PULAU SUMBAWA (Drought Index Analysis With Standardized Precipitation Index (SPI) Method In Sumbawa Island)

KRISDIAN, AMBARWATI (2022) ANALISIS INDEKS KEKERINGAN DENGAN METODE STANDARDIZED PRECIPITATION INDEX (SPI) DI PULAU SUMBAWA (Drought Index Analysis With Standardized Precipitation Index (SPI) Method In Sumbawa Island). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Pulau Sumbawa merupakan salah satu daerah yang mengalami kekeringan terparah di NTB pada tahun 2019 hingga tahun 2020. Sebanyak 5 Kabupaten/Kota dan 43 kecamatan terdampak bencana kekeringan. Kekeringan tersebut mengakibatkan terjadinya krisis air bersih sehingga masyarakat kesulitan memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Oleh karena itu analisis kekeringan sangat diperlukan sebagai informasi awal atau dasar perkiraan terjadinya kekeringan. Metode yang digunakan dalam perhitungan indeks kekeringan dalam penelitian ini adalah Standardized Precipitation Index (SPI). Dengan metode SPI dapat diketahui indeks kekeringan, tingkat kekeringan, dan sebaran kekeringan yang yang terjadi di Pulau Sumbawa, sehingga bisa dijadikan sebagai peringatan awal akan adanya kekeringan yang lebih jauh. Hasil perhitungan nilai indeks kekeringan menunjukkan hasil semua stasiun hujan di pulau Sumbawa pernah mengalami kondisi amat sangat kering hingga amat sangat basah dengan nilai indeks berkisar antara -2,53 sampai 6,02 dalam kurun waktu yang berbeda-beda. Untuk persentase kekeringan diperoleh hasil kejadian kekeringan terbesar di Pulau Sumbawa terjadi di daerah Batu Lanteh dengan nilai persentase 18,67% untuk kategori cukup kering, 3,67% untuk kategori sangat kering, dan 0,33% untuk kategori amat sangat kering. Sedangkan untuk persentase terkecil terjadi di daerah Utan dengan nilai persentase 9,67% untuk kategori cukup kering, 0,67% untuk kategori sangat kering, dan 0,0% untuk kategori amat sangat kering.Berdasarkan peta sebaran SPI dapat dilihat bahwa kekeringan terjadi secara merata di sebagian besar wilayah yang ada di Pulau Sumbawa pada bulan Agustus tahun 2017. Periode waktu rata-rata kejadian kekeringan adalah bulan Mei sampai Oktober.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kekeringan,indeks SPI,sebaran
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Oct 2022 05:31
Last Modified: 28 Oct 2022 05:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32490

Actions (login required)

View Item View Item