GAYA BAHASA DAN CITRAAN PADA LIRIK LAGU NIKE ARDILLA DALAM ALBUM BINTANG KEHIDUPAN DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

EKA, SUSILAWATI (2019) GAYA BAHASA DAN CITRAAN PADA LIRIK LAGU NIKE ARDILLA DALAM ALBUM BINTANG KEHIDUPAN DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI EKA S..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bentuk gaya bahsa dan citraan pada lirik lagu Nike Ardilla dalam Album Bintang Kehidupan dan kaitanya dengan pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini mengetahui bentuk gaya bahsa dan citraan pada lirik lagu Nike Ardilla dalam Album Bintang Kehidupan dengan mengunakan kajian stilistika serta mengetahui kaitanya dengan pembelajaran sastra di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengumpulan data. Pengumpulan data berupa dokumentasi dan metode simak catat. Analisis data mengunakan metode analisis data deskriptif dan kualitatif. Penyajian data mengunakan metode penyajian hasil analisis data. Analisis bentuk gaya bahasa pada lirik lagu Nike Ardila Album Bintang Kehidupan terdapat beragam majas, yakni majas perbandingan yang berjenis hiperbola, personifikasi, metafora, simbolik, eufemisme, epitet, sinestesia, parifrasis, dan tropen. Sedangkan majas penegasan yang berjenisasonansi, anafora, alitrasi, sinkop, epenalepsis, dan tautologi. Dan analisis bentuk citraan pada lirik lagu Nike Ardila Album Bintang Kehidupan berupa citraan intelektual yang paling dominan. Sedangkan kaitan gaya bahasa kiasan pada lirik lagu Nike Ardilla Album Bintang Kehidupan dengan pembelajaran apresiasi sastra di SMA terdapat dalam silabus Kurikulum Tingkatan Satuan Pendidikan kelas X semester gasal pada Kompetensi Inti memahami puisi yang disampikan secara langsung/tidak langsung dengan Kompetensi Dasar mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci :Kajian stilistika, gaya bahasa, citraan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Anak Magang
Date Deposited: 28 Oct 2022 07:31
Last Modified: 28 Oct 2022 07:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32505

Actions (login required)

View Item View Item