PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS IX SMP NEGERI 1 MATARAM

RIA, DATUSSA’ADAH (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS IX SMP NEGERI 1 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Portofolio terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKN kelas IX di SMP Negei 1 Mataram pada tahun ajaran 2019/ 2020. Populasi dalampenelitian ini berjumlah 429 siswa,sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 orang pada kelas eksperimen dan 40 orang pada kelas kontrol. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan intrumen tes sebanyak 20 butir yang telah memenuhi validitas dan realibilitas instrument. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan uji-t diperoleh =4,09, sedangkan dengan dk= 78 pada taraf signifikansi 5% sehingga nilai 4,09 > = 1,664 , maka dapat dinyatakan hipotesis penelitian diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan atas penggunaan model pembelajaran Portofolio terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Model Pembelajaran Portofolio, Kemampuan Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Anak Magang
Date Deposited: 28 Oct 2022 07:31
Last Modified: 28 Oct 2022 07:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32507

Actions (login required)

View Item View Item