PENGARUH PENERAPAN LEARNING CYCLE TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN SIKAP PESERTA DIDIK DI SMAN 3 SUMBAWA PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN 5E DIPADU STRATEGI KOOPERATIF TIPE STAD KEMAMPUAN METAKOGNISI, MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SUMBAWA TAHUN PELAJARAN 2014/2015 DIPADU STRATEGI KOOPERATIF TIPE STAD BERPRESTASI KELAS X TAHUN PELAJARAN 2014/2015

HAMDANI, HAMDANI (2017) PENGARUH PENERAPAN LEARNING CYCLE TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN SIKAP PESERTA DIDIK DI SMAN 3 SUMBAWA PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN 5E DIPADU STRATEGI KOOPERATIF TIPE STAD KEMAMPUAN METAKOGNISI, MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SUMBAWA TAHUN PELAJARAN 2014/2015 DIPADU STRATEGI KOOPERATIF TIPE STAD BERPRESTASI KELAS X TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (773kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V PEMBAHASAN.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI PENUTUP.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)

Abstract

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dipadu Strategi Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kemampuan Metakognisi, Motivasi Berprestasi, dan Sikap Peserta Didik Pada Pelajaran Biologi di Kelas X SMAN 3 Sumbawa Besar Tahun Pelajaran 2014/2015. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan IPA, Program Pascasarjana Universitas Mataram dibawah bimbingan Prof. Dr. H. A. Wahab Jufri, M.Sc. sebagai pembimbing I dan Dr. H. Agus Ramdani, M.Sc. sebagai pembimbing II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle (LC) 5E dipadu strategi kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan metakognisi, motivasi berprestasi, dan sikap peserta didik pada pelajaran biologi. Tahapan awal dalam penelitian ini adalah melakukan pengembangan perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian yang mengacu pada model Four-D (4-D). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus, RPP, LKIPD, dan instrumen penelitian berupa angket kemampuan metakognisi, angket motivasi berprestasi, angket sikap peserta didik. Penelitian dilaksanakan di SMAN 3 Sumbawa Besar, dengan populasi seluruh kelas X sebanyak 9 kelas yang terdiri atas 303 orang. Sampel dipilih dengan Simple Random Sampling sebanyak 4 kelas yang terdiri atas 138 orang. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah Control group pre-test post-test dan seting penelitian eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Data dianalisis menggunakan teknik statistik Analysis of Covariance (Ancova) dengan bantuan program SPSS versi 16 for windows. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penerapan model LC 5E, dan interaksi LC 5E dipadu STAD berpengaruh signifikan terhadap kemampuan metakognisi, tetapi STAD tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan metakognisi. Penerapan LC 5E, STAD, dan interaksi LC 5E dipadu STAD berpengaruh signifikan terhadap motivasi berprestasi dan sikap peserta didik pada pelajaran biologi,. Hasil uji LSD kemampuan metakognisi dan sikap peserta didik yang belajar menggunakan LC 5E berbeda signifikan, tetapi motivasi berprestasi yang belajar dengan LC 5E tidak berbeda signifikan dengan peserta didik yang belajar menggunakan non LC 5E dipadu non STAD. Hasil uji LSD sikap peserta didik yang belajar menggunakan STAD berbeda signifikan, tetapi motivasi berprestasi yang belajar dengan STAD tidak berbeda signifikan. Hasil uji LSD kemampuan metakognisi, motivasi berprestasi, dan sikap peserta didik yang belajar dengan LC 5E dipadu STAD berbeda signifikan dengan peserta didik yang belajar dengan non LC 5E dipadu non STAD.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): : LC 5E, STAD, kemampuan metakognisi, motivasi berprestasi, dan sikap peserta didik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 30 Apr 2018 01:20
Last Modified: 30 Apr 2018 01:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3251

Actions (login required)

View Item View Item