Pendampingan Pemasaran Langsung dan Online Hasil Pertanian Sayuran Segar di Kecamatan Lingsar

Tajidan, Tajidan (2022) Pendampingan Pemasaran Langsung dan Online Hasil Pertanian Sayuran Segar di Kecamatan Lingsar. [Image]

[img]
Preview
Text
penyataan kesediaan.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

Share harga yang rendah, risiko harga dan risiko penghasilan yang ditanggung oleh rumahtangga petani merupapakan permasalahan krusial. Permasalahan tersebut ditanggulangi dengan melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat agar rumahtangga petani mampu melakukan pemasasaran langsung ke konsumen, mampu memanfaatan handphone sebagai media promosi dan berkumunikasi langsung dengan pelanggan, serta meningkatkan share harga yang diterima oleh rumahtangga petani, serta mengurangi risiko harga dan risiko penghasilan. Tujuan tersebut dicapai melalui pendekatan pendidikan orang dewasa. Pendekatan pendidikan orang dewasa dilakanakan dengan metode bimbingan dan pelatihan bagi warga rumahtangga petani melinial dan/atau putra putri petani untuk melakukan pemasaan langsung dan promosi ke konsumen. Keluaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah menghasilkan artikel yang siap disubmit pada jurnal nasional ber ISSN, makalah seminar yang dimuat dalam prosiding atau jurnal pengabdian, serta bab dalam buku ajar pemasaran hasil pertanian. Hasil pengabdian kepada masyarakat sebagai berikut: (1) terdapat 4 (empat) orang (17,39%) dari jumlah anggota kelompok tani Embun Pagi yang hadir telah melakukan pemasasaran langsung offline. Pemasaran langsug offline dilakukan dengan cara penjualan langsung ke konsumen di beberapa pasar di Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat, dan terdapat satu orang telah melakukan pemasaran langsung online menggunakan handphone atau media sosial WhatsApp; (2) remaja peserta pendampingan berencana membentuk kelompok tani melinial agar mampu memanfaatan handphone sebagai media promosi dan berkumunikasi langsung dengan pelangan; (3) umahtangga petani yang melakukan pemasaran langsung offline dapat meningkatkan penghasilan rumahtangga sebesar 37% dari nilai produksi apabila dijual ke pedagang pengepul atau pedagang perantara. Dari hasil pengadian masih perlu tindaklanjut sebagai upaya perbaikan pada masa yang akan datang : kepada para remaja yang hendak membentuk kelompoktani melinial agar bekerjasama dengan petani dalam pengadaan produk sayuran segar; unit percontohan mutlak diperlukan sebagai media belajar penerapatan teknologi pertanian organik sekaligus sebagai objek wisata edukasi; serta diperlukan bimbingan lebih lenjut kepada kelompoktani melenial agar dapat beraktivitas dalam melakukan pemasaran produk hasil pertanian terutama sayuran segar.

Item Type: Image
Keywords (Kata Kunci): harga, offline, online, penghasilan, risiko
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Dr.Ir.MS Tajidan Tajidan
Date Deposited: 30 Oct 2022 10:08
Last Modified: 30 Oct 2022 10:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32510

Actions (login required)

View Item View Item