PENGARUH PENGGUNAAN MODUL AJAR PADA MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT PADA SISWA KELAS X SEMESTER II MA PUTRI AL-ISLAHUDDINY KEDIRI

ISMI JAUHAR, KURNIAWATI (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL AJAR PADA MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT PADA SISWA KELAS X SEMESTER II MA PUTRI AL-ISLAHUDDINY KEDIRI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul pada model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD terhadap hasil belajar kimia materi larutan elektrolit dan nonelektrolit pada siswa kelas X MA Putri Al- Ishlahuddiny Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan posttest only nonequivalen control group design. Populasi dalam penelitian ini meliputi siswakelas X IPA MA Putri Al-Ishlahuddiny Kediritahun ajaran 2019/2020 yang terbagi dalam 2 kelas. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga didapatkan dua kelas sampel yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menerapkan pembelajaran dengan metode penggunaan modul pada model pembelajaran cooperative learning tipe STAD, sedangkan kelas kontrol menerapkan pembelajaran konvensional. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data hasil posttest yang diolah dengan analisis uji hipotesis (uji-t). Hasil uji-t pada taraf signifikan 5% menunjukkan thitung(4,16) >ttabel(1,67) yang berarti Ha diterima. Berdasarkanhasil tersebut,maka dapat disimpulkan penggunaan modul pada model pembelajaran cooperative learning tipe STAD berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kimia materi larutan elektrolit dan nonelektrolit pada siswa kelas X IPA MA Putri Al-Ishlahuddiny Kediri tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: cooperative learning, modul, STAD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Anak Magang
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:06
Last Modified: 31 Oct 2022 04:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32525

Actions (login required)

View Item View Item