BENTUK INSTRRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA NEGERI SE-KABUPATEN LOMBOK BARAT

SRI, WAHYUNI (2020) BENTUK INSTRRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA NEGERI SE-KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SRI WAHYUNI E1C015065.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang bentuk, kesesuaian dan kelengkapan instrument evaluasi pembelajaran yang dikembangkan oleh guru bahasa Indonesia alumni Pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Mataram di SMA Negeri Se-kabupaten Lombok Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang kualitas bentuk instrumen evaluasi pembelajaran berbasis teks, kesesuaian instrumen evaluasi pembelajaran yang ditinjau berdasarkan keseuaian KD dan indikator, dan kelengkapan instrumen evaluasi pembelajaran. Hal ini dilatar belakangi oleh RPP yang disusun oleh guru bahasa Indonesia alumni Pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode penelitian dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode dokmentasi dan metode catat. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan format tabel, kesesuaian KD dan indikator serta kelengkapan instrumen evaluasi pembelajaran yang terdapat dalam RPP. Analisis data dilakukan dengan mengikuti prinsip-prinsip dalam penelitian kualitatif, yaitu tahap reduksi data, penyajian atau organisasi data, dan verifikasi atau interpretasi data. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut; RPP yang disusun oleh guru bahasa Indonesia alumni Pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Matram dibagi menjadi tiga yaitu bentuk tes lisan, tindakan, dan tulis. Dalam tes tulis yang dikembangkan oleh guru terdapat dua jenis tes tulis yaitu soal uraian dan pilihan ganda. Dan dengan validitas sebagai berikut. (1) Validitas konstruknya adalah (a) tehap pengenalan konteks dan pemodelan : 66% berkategori validitas tinggi, 33% berkategori validitas sedang, dan 0% berkategori validitas rendah; (b) tahap membangun teks secara berkelompok: 66 % berkategori validitas tinggi, 33% berkategori validitas sedang, dan 0% berkategori validitas rendah; (c) tahap membangun teks secara individu: 55% berkategori validitas tinggi, 44% berkategori validitas sedang, dan 0% berkategori validitas rendah. (2) Validitas isinya adalah (a) tehap pengenalan konteks dan pemodelan : 66% memiliki validitas tinggi, 33% sedang dan 0% rendah; (b) tahap membangun teks secara berkelompok: 66% memiliki validitas tinggi, 22% sedang dan 11% rendah; (c) tahap membangun teks secara individu: 55% memiliki validitas tinggi, 22% sedang, dan 22% rendah. (3) Model instrument evaluasi pembelajaran berbasis teks yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran bahasa adalah teori belajar bandura yang dapat di kembangkan dalam pembelajaran bahasa pada tahap dalam pembelajaran berbasis teks.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : validitas konstruk, validitas isi, instrumen evaluasi pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Anak Magang
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:06
Last Modified: 31 Oct 2022 04:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32526

Actions (login required)

View Item View Item