PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 4 NARMADA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)

RAMA, PRATAMA (2020) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 4 NARMADA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Rama Pratama (E1R 012 042).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Permasalah utama pembelajaran matematika pada kelas VIII B SMP Negeri 4 Narmada adalah kurangnya peran siswa dalam pembelajaran dan kurangnya kemauan siswa dalam belajar. Hal ini berakibat pada rendahnya prestasi siswa. Sehubungan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) secara optimal pada materi Teorema Phytagoras. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus dalam waktu 10 X 40 menit. Berdasarkan hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan prestasi belajar matematika materi teorema phytagoras setelah digunakannya model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Narmada Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini dilihat dari adanya peningkatan hasil evaluasi siklus I dimana rata-rata nilai kelas 73,70 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 67% meningkat pada Siklus II menjadi rata-rata kelas sebesar 82,95 dan persentase ketuntasan klasikalnya 86%. Kemudian aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dimana pada siklus I sebesar 10,48 dengan kategori sedang meningkat pada siklus II menjadi 12,98 dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Model pembelajaran kooperati tipe Numbered Heads Together (NHT), aktivitas belajar dan prestasi belajar.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Anak Magang
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:11
Last Modified: 31 Oct 2022 04:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32527

Actions (login required)

View Item View Item